Otomotif

Mencari Jalur yang Paling Pas Untuk Sirkuit Formula E di Kota Jakarta

foro-gratuito.com – Pemprov DKI Jakarta menyatakan terdapat dua rute di sekitaran Monas yang akan dijadikan lintasan balap Formula E di Jakarta pada 6 Juni 2020 mendatang.

Sebagaimana dikatakan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo beberapa waktu lalu, rutenya dimulai dari Silang Monas Tenggara – MI Ridwan Rais – Tugu Tani – MI Ridwan Rais – Merdeka Selatan – Wisma Antara – Kedubes AS – Silang Monas Tenggara.

Lalu, alternatif lainnya lewat belakang Gambir – Ridwan Rais – Merdeka Selatan – Bundaran Patung Kuda – Silang Monas Selatan. Namun sampai saat ini, pihak Federasi Otomotif Internasional ( FIA ) selaku promotor belum menetapkannya.

FORO GRATUITO – MENCARI JALUR YANG TEPAT UNTUK SIRKUIT FORMULA E DI KOTA JAKARTA

“Belum diputuskan, tim teknis sedang meilhat rute-rute mana yang memungkinkan. Kalau tidak salah, mereka hanya memerlukan 3 kilometer dan bukan membuat trek baru melainkan jalan yang sudah ada,” kata Gurbernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Terkait hal tersebut, Pengamat Transportasi Darmaningtyas menyatakan bahwa, memang sebaiknya penyelenggaraan Formula E berada di kawasan yang sering dijadikan tempat kegiatan. Supaya dampak negatif peralihan lalu lintas tidak terlalu besar.

“Penyelenggaraan Formula E memang sangat baik, tapi harus diperhatikan arus lalu lintasnya juga nanti seperti apa. Sebab, ini membutuhkan waktu yang cukup lama ( memblokir jalannya ),” ujar Darmanigtyas.

FORO GRATUITO – MENCARI JALUR YANG TEPAT UNTUK SIRKUIT FORMULA E DI KOTA JAKARTA

“Menurut saya, sebaiknya memang di kawasan atau area yang biasa ada pengalihan jalan, seperti Monas atau Thamrin – Sudirman,” katanya lagi.

Hal seperti ini karena masyarakat sebelumnya sudah pernah merasakan akibat dari peralihan jalan tersebut. Jadi, penindakannya pun telah biasa.

“Perlu juga dilihat transportasi penunjangannya seperti apa, banyak hal. Tapi ini masih belum final, kita harus melihat lagi kelanjutannya seperti apa,” kata Darmaningtyas.

Comment here