Serba Serbi

Penyakit Yang Menyerang Sistem Pernapasan Kita…

Penyakit Yang Menyerang Sistem Pernapasan Kita...

Foro FratuitoSistem pernapasan adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran udara oksigen dengan karbon monoksida. Tentunya udara bersih yang di butuhkan tubuh kita ya, mengenai udara yang terpolisi kemarin dari kebakaran hutan yang terjadi bisa menjadi penyakit yang menyerang sistem pernapasan kita, ada beberapa penyakit yang bisa menyerang sistem pernapasan kita ya, apa saja itu ?

Asma
Asma merupakan penyakit pada sistem pernapasan yang dialami oleh banyak orang dan merupakan jenis penyakit jangka panjang atau kronis dimana terjadinya penyempitan saluran pernapasan dan peradangan. Penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk kering dan mengi.

Tuberkulosis
Tuberkulosis merupakan penyakit sistem pernapasan yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis (TBC) akan menimbulkan batuk yang berlangsung lama (selama 3 minggu atau lebih) biasanya berdahak dan terkadang mengeluarkan darah.

Bronkitis
Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang saluran utama pernapasan atau bronkus dan disebabkan oleh virus, membuat saluran udara di dalam paru-paru membengkak dan kemudian terisi lendir sehingga penderitanya menjadi sesak napas.

Pneumonia
Pneumonia merupakan penyakit lain yang menyerang saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi dari kuman yang mengalahkan sistem kekebalan tubuh dan mengakibatan peradangan pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru

Emfisema
Emfisema merupakan penyakit pernapasan kronis yang disebakan kerusakan kantong udara atau alveolus pada paru-paru. Hal ini membuat paru-paru kita meradang dan kehilangan kelenturannya, kondisi ini membuat paru-paru membesar secara perlahan dan kerusakan pada paru-paru tidak dapat dipulihkan.

Asfiksia
Asfiksia merupakan penyakit pernapasan yang terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke dalam tubuh. Bisa disebabkan dari menghirup asap atau zat kimia yang tidak ada oksigennya, seperti asap kebakaran yang terhirup dimana hanya ada gas karbon dioksida yang terhirup, karena tersedak, dibekap, tercekik. Tak jarang asfiksia ini berujung fatal hingga menyebabkan kematian.

Sinusitis
Sinusitis merupakan penyakit dari saluran pernapasan atas yang disebabkan oleh pembengkakan dinding dalam hidung akibat virus atau reaksi alergi yang masuk dari saluran pernapasan atas. Virus tersebut memicu untuk menghasilkan lendir lebih banyak, sehingga terjadi penumpukan dan penyumbatan pada saluran hidung.

Penyakit Yang Menyerang Sistem Pernapasan Kita...

Kanker paru-paru
Kanker paru-paru ini termasuk salah satu gangguan pernapasan yang berbahaya ya teman-teman. Penyakit ini bisa disebabkan karena adanya sel ganas (kanker) yang terus tumbuh dan terbentuk di paru-paru secara tidak terkendali, bisa juga karena kebiasaan buruk, terlalu banyak menghirup asap rokok atau udara kotor yang mengandung zat-zat kimia, dilingkungan kerja atau asap rokok dari orang lain.

Ini beberapa Penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan kita yang sering terjadi, oleh karena itu marilah mulai sekarang kita jaga sistem pernapasan kita ya. agar tidak terserang penyakit-penyakit di atas.

Comment here