Otomotif

Lewis Hamilton memberikan uluran tangan oleh rival mereka Ferrari untuk memenangkan Grand Prix Rusia

Lewis Hamilton dibungkus dengan hadiah kemenangan yang tidak mungkin di Grand Prix Rusia setelah Ferrari menghancurkan peluang mereka dengan kehancuran pertengahan ras.

Pembalap Inggris itu mendapat untung dari pensiunnya Vettel, yang membuat rekan setimnya dari Jerman, Charles Leclerc, turun dari peringkat satu ke peringkat ketiga, untuk mempererat cengkeramannya pada gelar dunia keenam.

Pada suatu hari untuk melupakan bagi mereka yang berpakaian merah, Valtteri Bottas mengikuti rekannya di rumah untuk mengejutkan Mercedes satu-dua saat Leclerc yang frustrasi menyelesaikan podium.

Sebelum Vettel pensiun, Ferrari berada dalam kekacauan yang tepat dengan juara dunia empat kali yang tidak mematuhi perintah tim untuk mengembalikan keunggulan kepada Leclerc.

Leclerc akhirnya mendapat manfaat dari “Plan C” untuk mendapatkan kembali keunggulannya, tetapi kemudian mesin Ferrari Vettel meledak dan Virtual Safety Car bermain ke tangan Hamilton.

Pembalap Inggris itu kini memimpin Bottas di kejuaraan dengan 73 poin dengan hanya tersisa 130.

Dia tidak terbawa suasana, dan berkata: “Sejujurnya saya mencoba untuk tidak terlalu memikirkan kejuaraan – itu hanya satu balapan.

“Secara kolektif itulah yang sedang terjadi saat ini semakin sulit seiring musim berjalan – satu kaki di depan yang lain dan kami harus terus menampilkan performa seperti ini.

“Rasanya sudah lama datang dan rasanya baru pertama kali.”

Dia memiliki Ferrari untuk mengucapkan terima kasih setelah pencampuran strategi mereka, tujuh hari setelah Vettel diuntungkan dari taktik timnya di Singapura.

Pekan lalu Jerman melompati Leclerc yang marah di satu-satunya putaran pit stop untuk menang untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Belgia tahun lalu pada Agustus.

Dan ada lebih banyak drama pada hari Minggu. Tampaknya sudah disepakati bahwa jika Vettel mendapat manfaat dari slipstream dan bergerak maju dari Leclerc di luar garis start, dia harus mengakui posisi itu.

Ferrari ada di radio untuk memberi tahu Vettel agar membiarkan Leclerc lewat, tetapi pengemudi mereka menolak dan bersikeras: “Aku akan melewatinya.”

Ada serangkaian pertukaran canggung di radio sebelum Leclerc menjadi yang pertama berhenti di lap 22.

Empat lap kemudian Vettel masuk, dan pada saat dia muncul dia telah jatuh di belakang rekan setimnya dan menjadi bersih kedua.

“Saya akan selalu memercayai tim tetapi ya taktiknya adalah saya memberikan slipstream menjadi satu-dua di akhir pertarungan yang terjadi,” kata Leclerc.

Comment here