Serba Serbi

Jagung Warna-Warni Dari Cianjur

Jagung Warna-Warni Dari Cianjur

Foro gratuito – Halo sobat semua, tentu anda mengenal sayur jagung dimana warnanya kuning. Kali ini Jagung warna-warni dari Cianjur yang sedang booming di beberapa media sosial. Seorang petani di Cianjur berhasil membudidayakan jagung unik yang bisa menghasilkan 12 warna.

Luki Lukmanul Hakim seorang petani sejak 1998 Palawija di kawasan Lebat Saat, Desa Cirumput, Kecamatan Cugenang, Cianjur ini menceritakan bahwa tahun lalu bibit jagung warna-warni ini dibelinya dari toko online. warna yang dibelinya adalah warna merah, putih, ungu dan hitam.

Jagung Warna-Warni Dari Cianjur

Kemudian ia mengawinsilangkan benih jagung berwarna tersebut, ia menanamnya secara berselang-seling lima baris, karena jagung menyerbuk selang-seling pas hasilnya ada yang hitam putih, ada yang acak, ada yang di satu tongkol semua warna ada, di awal dapat enam motif yang baru.

Setiap dua bulan sekali ia rutin memanen jagung warna-warni tersebut, akhirnya ia mendapatkan 12 motif baru hasil perkawinan silang di kebun jagung miliknya. sungguh bagus sekali pembudidayaan jagung warna-warni dari cianjur ini.

Jagung Warna-Warni Dari Cianjur

Dengan kebun yang seluas tiga hektare ini, ia sudah memanen jagung warna-warni sebanyak dua ton lebih, biasanya ia mengkonsumsi, membagikan atau mengolah hasil panen jagungnya. Kebun itu juga dikelola kelompok usaha yang bernama Canary Farm.

Meski dari segi ukuran lebih kecil dan rasanya sedikit berbeda dari jagung manis biasa yang kita beli di pasar, namun jagung ini punya nilai ekonomis yang sangat tinggi. Perbandingannya misal jagung biasa seharga Rp 2000 per kilogram, maka jagung pelangi ini bisa seharga Rp 9.000 per kilogramnya.

Segi harga cukup tinggi apalagi kalau di jual dalam bentuk bibit, harganya mencapai Rp 500 per butirnya. Namun masih banyak yang belum mengenal jagung pelangi ini bahkan di Kabupaten Cianjur terbilang baru. Karena di Cianjur baru mereka yang menanamnya, mereka justru akan mencoba menuciptakan pasar sendiri.

Untuk penanamnya tidak diperlukan perlakuan khusus dalam pemeliharaannya, bahkan lebih mudah dibandingkan dengan jagung biasa karena punya masa tanam yang lebih singkat. Untuk jagung biasa masa panen sekitar 120 hari, dan untuk jagung warna-warni ini di butuhkan hanya 60 hari saja.

Dari hasil panennya itu, saat ini ia sudah punya stok benih siap jual, baru lewat online dan sudah ada beberapa yang pesan. Ayo coba tanam jagung warna-warni dari Cianjur ini dan coba hasil panennya ya sahabat semua.

Baca juga : Manfaat Kunyit bagi Kesehatan yang perlu anda ketahui!

Comment here