Inspirasi

Boneka CPR The Anne Doll…

Boneka CPR The Anne Doll

Foro gratuito – Salam sobat semua, kali ini kami akan menceritakan mengenai asal-usul Boneka CPR The Anne Doll. Tidak ada yang tau siapa namanya dan darimana ia berasal. Pada akhir abad ke-19 wanitta itu ditemukan mengapung di Sungai Seini, Paris, yang kemudian dikenal menjadi L`lnconnue de la Seine (wanita tidak dikenal di Sungai Seine).


Wanita tersebut disinyalir berusia 16 tahun ketika ditemukan, namun tidak ada yang tau pasti umurnya.Hal yang paling menyita perhatian adalah wajah wanita itu, pada saat ditemukan tidak ada jenazah wanita yang secantik L`lnconnue de la Seine dan ia ditemukan dalam kondisi tersenyum, tidak ada yang mengetahui motif pembunuhannya dan ada yang bilang dia bunuh diri.

Bahkan dalam kematian,penampilan wanita itu yang tenang sangat terlihat, petugas kamar jenazah di Paris Morgue saat itu terpanda dan memerintahkan seorang pematung untuk membuat gips pada bagian wajah L`lnconnue de la Seine.

Gips yang merupakan cetakan wajah dari L`lnconnue de la Seine menjadi sangat terkenal. Wajahnya menghiasai took-toko suvernir di Paris, kemudian seluruh kota Prancis, sampai Jerman dan wilayah-wilayah lain di Eropa.

Setengah abad kemudian L`lnconnue de la Seine seorang produsen mainan bernama Asmund Laerdal membuat sebuah boneka manusia yang terbuat dari plastik. Asmund menamai boneka tersebut sebagai The Anne Doll dengan wajah L`lnconnue de la Seine digunakan pada wajah tersebut.
Beberapa hari kemudian Asmund bertemu dengan seorang ahli anestesi yang mengatakan bahwa ia membutuhkan boneka untuk demonstrasi sebuah teknik pernafasan, teknik tersebut dinamakan Cardiopulmonary Resuscitation (CPR).

Dengan bantuan ahli fisika Peter Safar, Asmund kemudian membuat manekin seukuran manusia sebagai alat untuk mempraktekkan teknik penyelamatan CPR. Boneka tersebut dilengkapi dengan dada yang bisa mengempis untuk latihan pernafasan dan mulut yang terbuka untuk latihan dari mulut ke mulut sehingga dinamakan Boneka CPR The Anne Doll sampai sekarang.

Boneka CPR The Anne Doll...

Sejak diperkenalkan pada publik tahun 1960-an, Resusci Anne merupakan satu-satunya manekin CPR yang bisa ditemukan. Inilah mengapa Resusci Anne disebut sebagai “the most-kissed face” atau wajah yang paling sering dicium sepanjang sejarah.

Sampai saat ini, perusahaan milik Asmund diperkirakan telah menyelamatkan dua juta nyawa karena praktek CPR. “Eksistensi manekin ini sangat penting. Dalam hal simulasi kesehatan, Asmund menyelamatkan banyak nyawa,” tutur Marino Festa, pediatrik dari Children’s Hospital at Westmead Sydney seperti dikutip dari Science Alert, Senin (30/9/2019).

Baca juga : Hormati Wanita sebagaimana menghormati Ibumu

Comment here