Travel

Gonggong Hidangan Laut Khas Pulau Bintan

Gonggong Hidangan Laut Khas Pulau Bintan

Foro Gratuito – Salam sobat semua, anda pecinta kuliner? sudah pernah mencicipi gonggong hidangan laut khas Pulau Bintan, memiliki hidangan laut yang sedap untuk disantap dan mungkin tak dapat ditemui di tempat lain.

Gonggong atau Canarium Strombus, merupakan sejenis siput atau kerang laut yang familiar ditemui di Pulau Bintan, dan Kepulauan Riau.

Di sana gonggong mejadi sebuah ikon Kota Tanjung Pinang. Ada  Gedung Gonggong yang dirancang layaknya Disney Opera House di Australia, atau Keong Mas di Taman Mini Jakarta.

Sebelumnya Gonggong banyak dikonsumsi karena diyakini mengandung nilai gizi yang tinggi, dalam setiap daging gonggong terdapat karbohidrat, kalori, protein, serta kandungan lemak baik. Tentu saja gonggong menjadi hidangan paling populer jika anda melancong ke Pulau Bintan.

Tidak semua jenis gonggong nikmat untuk disantap. Setidaknya ada beberapa jenis gonggong yang memiliki cita rasa, yakni gonggong cangkang tipis (berwarna putih), gonggong ayam (kecil dan berwarna hitam), gonggong cangkang Tebal, dan gonggong merah cangkang tebal.

Gonggong hidangan laut khas Pulau Bintan ini biasanya dinikmati dengan siraman saus kacang, lada hitam, ataupun saus tiram yang terasa khas di lidah. Kalau yang paling simpel, gonggong dimasak dengan cara direbus lalu disajikan dengan saos asam manis.

Cara penyajian Gonggong termasuk gampang karena tidak diperlukan bahan khusus, hanya perlu direbus.
Setelah direbus “capit” gonggong akan keluar, untuk mengurangi rasa amis, biasanya akan ditambahkan garam dan jahe dalam rebusan gonggong.

Gonggong Hidangan Laut Khas Pulau Bintan

Untuk cara makannya sendiri cukup unik, saat kamu memesan seporsi gonggong kamu juga diberi tusuk gigi, tujuannya mempermudah mengambil isi daging di dalamnya. Selain itu disediakan juga saus sambal atau saus kacang untuk dicocol bersama gonggong.

Berdasarkan dari laman sarihusada.co.id, nilai gizi makro per 100 gram Siput Gonggong antara lain karbohidrat 4.1 persen dengan nilai gizi 16.4 kalori, Protein 31.19 dengan nilai gizi 124.8 kalori dan lemak 24.9 persen dengan nilai gizi 224.1 kalori.

Dicoba hidangan laut gonggong ini ya sobat ketika kalian mampir ke Pulau Bintan dan coba kenikmatan makanan ini.

Baca juga : Tempat Wisata yang wajib untuk di coba di Taman Nasional ujung kulon

Comments (1)

  1. […] Baca juga : Gonggong Hidangan Laut Khas Pulau Bintan […]

Comment here