Inspirasi

Kerang Hijau Mampu Jernihkan Teluk Jakarta

Kerang Hijau Mampu Jernihkan Teluk Jakarta

Foro Gratuito – Salam sobat semua kali ini Manajemen Taman Impian Ancol memperlihatkan cara Kerang hijau mampu jernihkan teluk Jakarta, sebelumnya mereka mencontohkan dengan menyiapkan dua akuarium yang diisi dengan segalon air laut yang keruh.

Air itu diambil langsung dari laut perairan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara. Kemudian petugas mengambil kerang hijau dimasukkan ke salah satu akuarium yang berisi air keruh tadi, sebanyak dua kilogram kerang hijau yang dimasukkan ke dalam akuarium tersebut.

Air yang ditaruh kerang hijau perlahan berubah menjadi jernih, seteakh 45 menit kemudian air yang tadinya kotor berubah menjadi bening, hanya terlihat sedikit lumpur yang melekat di cangkang kerjang hijau tersebut.

Manajer Konservasi PT. Pembangunan Jaya Ancol, Yus Anggoro Saputra menjelaskan bahwa percobaan itulah yang menjadi dasar mereka menebar 3 ton kulit kerang pada Sabtu(7/10/2019) lalu. Satu kilogram kerang hijau itu dapat memfiltrasi 10 liter air laut dalam waktu satu jam.

Sebelumnya sebanyak tiga ton kulit kerang hijau di tebar di perairan Ancol untuk mencernihkan kembali perairan teluk Jakarta melalui kegiatan Restorasi Kerang Hijau.

Kegiatan Restorasi Kerang Hijau mampu jernihkan teluk Jakarta, program ini bagian dari program konservasi Ancol yang telah dilakukan sejak Maret 2018. Sebagai program jangka panjang dengan rincian kegiatan eksperimen akuarium pada Februari 2018, pemetaan dasar danau pantai Ancol pada Agustus 2018.

Selanjutnya penempatan pelampung sebagai penanda (marker boy) juga pada Agustus 2018, penentuan lokasi tempat kerang (mussel bed) pada November 2018 dan peletakan media tumbuh mussel bed dilakukan bertahap Desember 2018, April, Agustus, dan Desember 2019.

Sebelumnya eksperimen akuarium dilakukan pada 13 Februari 2018 dengan meletakkan lima kilogram kerang hijau dalam akuarium di Karantina Seaworld Ancol dan dalamnya ditambahkan air laut hasil backwash filter sebanyak 50 liter.
Setelah didiamkan selama satu jam, kondisi air menjadi jernih dan mengalami penurunan N03 (nitrat) dari 13,5 mg/l menjadi 3,4 mg/l.

Hasil yang dapat di dapati setelah dua bulan dilakukan penebaran kulit kerang hijau di dasar laut Ancol di samping saluran masuk, menurut hasil pengamatan pada 20 Februari 2019, mulai tumbuh kerang hijau pada dasar laut di antara gundukan lumpur.

Beberapa biota laut juga terlihat di antara rooster dan gugusan kerang hijau, seperti golden travelly, ikan buntal, sersan mayor, ketang-ketang, dan bulu babi. Pada 8 Maret 2019, dilakukan penghitungan kasar dengan menggunakan sampel perhitungan berukuran 50×50 cm.

Kerang Hijau Mampu Jernihkan Teluk Jakarta

Hasil pengamatan, ada 121 kerang hijau, ambisi dari program ini adalah menjernihkan laut Ancol. Sebagai gambaran awal, 110 juta liter air laut yang berada di kawasan danau pantai Ancol jadi misi pertama untuk dijernihkan menggunakan 450 ton kerang hijau yang ditumbuhkan lewat upaya restorasi.

Baca juga : Teruslah Bertumbuh walaupun terlihat Patah

Comment here