Serba Serbi

Manfaat jeruk nipis dan kandungan kandungan yang di miliki

Manfaat jeruk nipis dan kandungan kandungan yang di miliki

Sebelum membahas manfaat jeruk nipis, Anda perlu tahu lebih dahulu kandungan nutrisinya. Berdasarkan Data Kemenkes RI, dalam 100 gram jeruk nipis mengandung berbagai jenis nutrisi, meliputi:

Makronutrien
Energi (Energi): 44 kalori
Protein (Protein): 0,5 gram
Lemak (Lemak): 0,2 gram
Karbohidrat (CHO): 10,0 gram
Serat (Serat): 0,4 gram
Abu (ASH): 0,4 gram

Mineral
Kalsium (Ca) : 18 miligram
Fosfor (P) : 22 miligram
Besi (Fe) : 0.2 miligram
Natrium (Na) : 3 miligram
Kalium (K) : 108.9 miligram
Tembaga (Cu) : 0.06 miligram
Seng (Zn) : 0.1 miligram

Vitamin dan antioksidan
Beta-Karoten (Carotenes) : 23 mikrogram
Karoten Total (Re) : 4 mikrogram
Thiamin (Vit. B1) : 0.01 mikrogram
Riboflavin (Vit. B2) : 0.03 mikrogram
Niasin (Niacin) : 0.2 mikrogram
Vitamin C (Vit. C) : 20 mikrogram

Seperti yang mungkin sudah Anda tahu, air merupakan zat yang penting bagi tubuh. Sekitar 70 persen komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Selain bertugas untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh, air juga berfungsi untuk membuang zat racun yang mengendap di dalam tubuh sekaligus mendukung tersedianya energi untuk beraktivitas. 

Sayangnya, tidak semua orang suka minum air putih biasanya dalam jumlah banyak karena dinilai tidak berasa. Sebagai gantinya, mereka lebih memilih minum minuman yang berasa seperti jus, teh, atau susu. Padahal, beberapa minuman tersebut mengandung pemanis tambahan yang menyumbang asupan kalori berlebihan.

Jika Anda juga tidak suka air putih, Anda bisa mencoba mengganti kebiasaan tersebut dengan menambahkan perasan air jeruk nipis ke dalam minuman. Selain membuat rasanya lebih nikmat, air jeruk nipis juga memberikan beberapa manfaat seperti:

1. Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis bersifat asam dan dapat membantu air liur (saliva) memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air jeruk nipis dapat merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan.

Jika Anda mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus Anda. Ini membantu sampah makanan di dalam perut terdorong ke bawah lebih mudah. Selain itu, asupan air dari perasan jeruk pecel ini juga bisa membantu Anda untuk mengeluarkan feses lebih lancar.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem imun tubuh Anda dan membantu tubuh melawan penyakit, seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

Bukan hanya itu saja, manfaat jeruk nipis yang menyumbang vitamin C ini juga akan meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit, sehingga mempersingkat lama waktu Anda saat sakit. Untuk itu, jenis buah jeruk-jerukan sangat direkomendasikan supaya Anda tidak gampang sakit.

3. Membantu menurunkan berat badan

Banyak yang bilang jika minum perasan air jeruk nipis bisa bikin Anda kurus alias mampu menurunkan berat badan. Namun, benarkah hal ini?

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme. Hal ini  dapat membantu Anda dalam membakar kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Selain itu, vitamin C dari jeruk pecel ini juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

Namun, harus diingat, Anda tidak mungkin hanya mengandalkan cara ini untuk menurunkan berat badan. Cara ini hanya sedikit membantu usaha Anda saat menurunkan berat badan. Anda perlu melakukan aktivitas fisik, supaya kalori yang terbakar jadi lebih banyak. Berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari dan memperbanyak konsumsi buah atau sayur akan dapat membantu Anda.

4. Menjaga kadar gula darah

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Orang dengan kondisi ini sangat diharuskan menjaga kadar gulanya tetap normal. Pasalnya, insulin yang bertugas untuk menurunkan gula darah tidak berfungsi dengan baik.

Nah, jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga bisa mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Alhasil, kadar gula darah di dalam tubuh Anda pun dapat lebih terjaga.

5. Mencegah dehidrasi

Campuran air dan perasan sari buah kelangsa ini memiliki manfaat untuk mencegah dehidrasi. Rasa asam dan segar dari minuman ini tentu membuat Anda minum lebih banyak ketimbang minum air putih biasa yang hambar.

Namun, umumnya minuman sari jeruk nipis yang sering Anda pesan di restoran atau rumah makan, mengandung tambahan gula. Jadi, jangan terlalu banyak minuman jenis ini. Lebih baik Anda membuatnya sendiri sehingga takaran gula bisa dikurangi atau diganti dengan madu.

Comment here