Serba Serbi

Alasan Warna Mata Anda Mengapa Berubah

Alasan Warna Mata Anda Mengapa Berubah

Foro gratuito – Halo sobat semua, alasan warna mata anda mengapa berubah, tahukah Anda bahwa sementara sebagian besar bayi dilahirkan dengan mata cokelat, warna mata mereka bisa berubah menjadi biru, hijau, coklat, cokelat, atau abu-abu pada akhir tahun pertama mereka? Ini ditentukan oleh protein yang disebut melanin, yang juga menentukan warna kulit, yang ada di iris (cincin berwarna di sekitar pupil yang bertanggung jawab untuk menyaring cahaya).

Saat ini sudah biasa melihat orang-orang dengan sengaja mengubah warna mata mereka melalui operasi kosmetik atau untuk sementara waktu dengan kontak, tetapi transformasi alami di dalamnya dapat menandakan beberapa kondisi medis atau masalah kesehatan yang mendasarinya. Inilah sebabnya mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama jika Anda juga mengalami gejala seperti sakit mata, kemerahan, dan penglihatan kabur atau terbatas.

Berikut adalah beberapa alasan paling umum mengapa warna mata Anda berubah

1. Warna Mata Saat Lahir
Mengubah warna mata bayi belum tentu menjadi masalah, tetapi menarik untuk mengetahui alasan di baliknya. Seperti yang kami sebutkan, melanin, diproduksi oleh sel-sel khusus yang disebut melanosit, bertanggung jawab untuk menentukan warna mata. Hanya ketika mereka terkena cahaya akan mereka menunjukkan warna asli mereka (seperti kulit yang gelap di bawah sinar matahari). Sebagian besar bayi, terlepas dari ras, dilahirkan dengan mata cokelat, meskipun beberapa bayi Kaukasia memiliki mata biru atau abu-abu saat lahir.

“Melanosit di mata bayi yang baru lahir tidak pernah terpapar cahaya, sehingga mereka tidak menjadi sepenuhnya aktif,” tulis Healthline, “Karena melanosit diaktifkan oleh cahaya pada tahun pertama kehidupan bayi, warna mata dapat berubah. Biasanya, ini berarti beralih dari biru / abu-abu (melanin rendah) ke hazel / hijau (melanin sedang), atau menjadi coklat (melanin tinggi). “

2. Heterochromia
Seseorang dengan heterokromia akan sulit untuk dilewatkan karena kondisi ini menyebabkan orang memiliki dua (atau lebih) warna berbeda di mata mereka! Juga dikenal sebagai heterochromia iridis dan heterochromia iridium, itu adalah kondisi yang tidak berbahaya yang bisa menjadi efek bawaan atau bahkan telah dihasilkan dari cedera atau penyakit.

Menurut Healthline, “Segmen iris yang sama juga memungkinkan untuk segmen warna yang berbeda. Misalnya, setengah mata kiri Anda bisa berwarna biru dan setengah lagi bisa berwarna cokelat. ”

3. Sindrom Uveitis Fuchs
Fuchs heterochromic uveitis / Fuchs heterochromic iridocyclitis, atau lebih dikenal dengan sindrom Fuchs uveitis, adalah kondisi lain di mana seseorang memiliki dua mata berwarna berbeda. Tetapi tidak seperti heterokromia, di sini hanya satu mata yang terpengaruh dan tidak persis berbahaya. Bahkan, hal itu dapat menyebabkan uvea, yang terletak di tengah mata, menjadi meradang.

“Ini biasanya mengarah pada keringanan iris mata yang terkena, meskipun dalam beberapa kasus kondisi ini menyebabkan iris menjadi gelap. Hasil akhirnya adalah perbedaan warna mata antara mata atau heterokromia, ”jelas LiveStrong.

Mereka juga mengatakan bahwa perubahan warna mata adalah salah satu gejala pertama dari penyakit ini, dan bahwa orang-orang dengan kondisi tersebut lebih mungkin mengembangkan katarak atau glaukoma.

4. Glaukoma berpigmen
Istilah luas yang menggambarkan berbagai kondisi mata yang mempengaruhi saraf optik adalah Glaukoma, dan itu bisa sangat serius. Terjadi karena cairan bergerak masuk dan keluar dari ruang kecil di depan mata, itu bisa menyebabkan kehilangan penglihatan dan bahkan kebutaan.

“Cairan bergerak masuk dan keluar dari ruangan ini, memberi makan jaringan di sana. Cairan ini mengalir keluar dari mata melalui meshwork sepon yang bertindak sebagai saluran pembuangan, ”kata Healthline.

Bentuk lain dari glaukoma, yang dikenal sebagai glaukoma pigmen, terjadi ketika seseorang mengembangkan sindrom dispersi pigmen. Sementara gejala untuk kedua kondisi ini serupa, yang terakhir juga dapat menyebabkan kehilangan penglihatan tepi, yang berarti akan sulit bagi pasien untuk melihat dari sisi mata mereka.

“Dengan glaukoma pigmen, butiran pigmen ini menghalangi aliran cairan normal melalui ruang depan mata. Ini menyebabkan glaukoma, di mana peningkatan tekanan pada mata dapat menyebabkan hilangnya penglihatan, ”kata LiveStrong. “Dispersi pigmen dari iris dapat menyebabkan perubahan warna mata, dan kedua mata mungkin memiliki warna yang berbeda jika mereka terpengaruh secara tidak merata.”

5. Sindrom Horner
Disebabkan oleh gangguan pada jalur saraf yang berjalan dari otak ke wajah dan mata, sindrom Horner biasanya berkembang sebagai akibat dari masalah kesehatan lainnya seperti stroke, tumor, atau cedera saraf tulang belakang. Menurut LiveStrong, itu adalah “tiga serangkai gejala yang disebabkan oleh kerusakan serat spesifik pada saraf kranial ketiga yang mempersarafi mata dan wajah.”

Gejala lain yang dapat berkembang sebagai akibat dari sindrom Horner termasuk kelopak mata yang murung, ukuran pupil yang lebih kecil, dan lebih sedikit berkeringat pada sisi wajah yang terkena. LiveStrong menekankan bahwa kondisi ini kemungkinan besar akan menyebabkan perubahan warna mata pada anak-anak kurang dari satu tahun, tetapi mungkin juga terjadi pada orang dewasa pada kesempatan langka.

6. Tumor Iris
Seperti yang tampaknya tidak mungkin, iris mata juga dapat dipengaruhi oleh kanker, dengan tumor tumbuh tepat di bawahnya. Menurut Healthline, “Sebagian besar tumor iris adalah kista atau pertumbuhan berpigmen (seperti tahi lalat), tetapi beberapa adalah melanoma ganas (suatu bentuk kanker yang agresif dan mengancam jiwa).”

Healthline juga menyatakan bahwa ini adalah suatu kondisi yang sebagian besar tidak hadir dengan gejala lain, meskipun kadang-kadang “perubahan penampilan mata dapat dilihat. Bintik-bintik yang tebal dan berpigmen yang disebut nevi dapat berubah, tumbuh lebih besar, atau menarik murid ke arah yang berbeda. ”

Jika Anda menduga bahwa Anda memiliki tumor mata, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis. Dokter Anda akan dapat menentukan keseriusan kondisi ini dan memberikan pilihan perawatan yang diperlukan (yang mungkin melibatkan terapi radiasi atau pembedahan).

7. Efek Samping dari Obat
Anda mungkin sudah sadar bahwa obat-obatan tertentu yang diresepkan untuk mengobati kondisi kesehatan juga datang dengan daftar panjang efek samping, tetapi apakah Anda tahu bahwa salah satu dari mereka juga dapat mencakup perubahan warna mata? Pengobatan untuk kondisi mata seperti glaukoma adalah salah satunya.

LiveStrong juga menyebutkan beberapa obat lain yang diketahui menyebabkan perubahan warna mata sementara atau permanen. Ini termasuk tetes latanoprost (Xalatan) dan bimatoprost (Lumigan), diresepkan untuk pasien glaukoma untuk mengurangi tekanan mata internal, serta bimatoprost (Latisse), obat yang diterapkan pada kelopak mata atas untuk meningkatkan pertumbuhan bulu mata karena alasan kosmetik.

8. Penyebab Terkait Usia
Meskipun cukup langka, warna mata beberapa orang juga dapat berubah bahkan setelah bayi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam “JAMA Ophthalmology” pada tahun 1997 menyatakan bahwa “10 hingga 15 persen anak-anak kulit putih mengalami perubahan warna mata yang halus setelah usia 6 dan memasuki usia dewasa awal.”

Tetapi menurut para peneliti, ini paling mungkin terjadi hanya pada orang-orang dari kecenderungan genetik tertentu, jadi itu akan menjadi sifat yang diturunkan dari generasi ke generasi dalam sejarah keluarga. Mereka juga mengatakan bahwa mereka yang memiliki mata berwarna lebih terang lebih mungkin untuk melihat perubahan, dibandingkan dengan mereka yang memiliki iris berwarna lebih gelap.

9. Penjelasan Kemungkinan Lainnya
Jika Anda tidak dapat menunjuk ke salah satu alasan dalam daftar ini sebagai penyebab transformasi warna mata Anda, itu juga bisa disebabkan oleh hal-hal seperti cedera mata traumatis, alergi, masalah hati, atau bahkan kanker.

Kemerahan kulit putih di mata Anda, disertai dengan gatal dan kekeringan bisa menandakan alergi yang tidak terdiagnosis. Atau, jika bagian putih mata menguning, itu bisa menjadi indikasi masalah yang lebih serius seperti penyakit hati. Rachel Bishop, MD, kepala bagian layanan konsultasi dari National Eye Institute, juga mengatakan bahwa perubahan pada mata tunggal dapat menjadi hasil dari melanoma iris.

Inilah alasan warna mata anda mengapa berubah, jagalah kesehatan mata kita agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ya.

Baca juga : 5 Kedai Bakso Di Jakarta ini Menunya Unik Dan yang Memikat Selera

Comment here