Serba Serbi

8 Kedai Es Legendaris Di Jakarta Pusat untuk Segarkan Panas Nya Jakarta

8 Kedai Es Legendaris Di Jakarta Pusat untuk Segarkan Panas Nya Jakarta

Selain untuk melepas dahaga saat suhu panas di Jakarta, lima kedai es legendaris ini juga bisa jadi pilihan wisata kuliner nostalgia.

Selain untuk melepas dahaga saat suhu panas di Jakarta, lima kedai es legendaris ini juga bisa jadi pilihan wisata kuliner nostalgia.

Bagi kamu penggemar es krim, lima kedai es legendaris ini dapat menjadi rute nostalgia sekaligus belajar sejarah makanan Jakarta. Berikut adalah kedai es krim legendaris di Jakarta Pusat:

Duo bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vicenzo Ragusa adalah perintis sekaligus asal nama Ragusa. Dahulu es krim Ragusa hanya dijual setahun sekali saat pasar malam di Pasar Gambir diselenggarakan.

Hal yang menarik dari Ragusa adalah dekorasi ruang serta alat makan yang masih tampak seperti dulu kala. Ini yang membuat pelanggan betah berlama-lama di Ragusa hanya untuk bernostalgia.

1. Kedai Kopi Es Tak Kie

Kedai es satu ini sudah ada sejak tahun 1927. Kini dikelola oleh generasi ketiga bernama Ayauw yang meneruskan usaha kakek dan ayahnya sejak tahun 1976.

Didirikan oleh seorang perantauan asal China, Liong Kwie Tjong, kedai kopi es Tak Kie hanya warung kopi biasa. Ia sajikan kopi tubruk. Bukan latte, cappuccino, atau pun mocaccino. Tapi, justru inilah yang diburu. Di sini, Anda bisa memesan kopi hitam baik panas maupun dingin. Harganya Rp20.000 per gelas. Datanglah ke kedai ini saat siang hari. Segelas es kopi Tak Kie akan melegakan dahaga. Rasa asam kopi sedikit samar oleh legitnya susu kental manis.

Selain kopi, Anda bisa mencoba es jeruk, liang teh, teh susu, marquisa dan es rumput laut dibandrol Rp 15.000 pergelas, kopi susu panas ataupun dingin Rp 20.000 dan jeruk murni Rp 25.000.

Beberapa menu tersedia di sini seperti Nasi Campur Rp 45.000 perporsi, Berbagai macam bakmie (ayam, bakso, pangsit, swikiaw), bihun, losupan dan soup dibandrol Rp 30.000 per porsi.

Lokasi: Jalan Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria, Glodok, Jakarta Barat
Jam buka: 06.30 – 14.00

2. Regusa

Kedai Es krim satu ini sudah ada sejak tahun 1932 dan menjadi salah satu yang paling terkenal di Jakarta.

Dibuka oleh dua bersaudara asal Italia, Luigi Ragusa dan Vincenzo Ragusa, kedai ini masih memiliki menu es krim yang harganya cukup miring, mulai dari Rp15.000 hingga Rp32.000.

Selain menu es krim, di sini juga terdapat spaghetti dengan penyajian dan bentuk ala spagheti Italia.

Lokasi: Jalan Veteran I Nomor 20, Jakarta Pusat

3. Restoran Tropik

Restoran Tropik menyajikan es krim yang cukup istimewa. Ia telah ada sejak tahun 1950 an. Jika Anda sedang berada di Jakarta wajib hukumnya untuk merasakan es krim legendaris di Restoran Tropik ini.

Lokasi: Pasar Baru Jakarta

4. Es Teler Sari Mulia

Seperti namanya, di sini Anda bisa merasakan es teler legendaris Jakarta yang sudah ada sejak tahun 1960 an. Kedai ini diklaim menjadi pembuat es teler pertama Indonesia.

5. Tjan Njan atau Es Krim Tjanang

Es krim Than Njan ini sudah ada sejak tahun 1951. Tapi es krim satu ini lokasinya sudah dijadikan hotel namun masih ada distribusi rumahan yang bisa Anda kunjungi untuk Anda rasakan kelezatannya. Satu cup es krim Tjan Njan kini dihargai Rp 13.000.

Lokasinya dekat dengan Gado-gado Bun Bin yang juga legendaris di Jakarta di Jalan Cikini IV.

6. Es Pisang Ijo Pemuda

Es pisang Ijo Pemuda ini bukan hanya legendaris tapi selalu ramai di Jakarta. Rasa manisnya pas dan porsinya cukup besar.

Jika Anda penasaran ingin mencicipi kuliner satu ini bisa langsung datang ke Jalan Tanjung Duren Utara Nomor 4 atau ke cabang lainnya di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading.

7. Baltic

Ini merupakan kedai es legendaris Jakarta yang sudah didirikan sejak tahun 1939. Ada ragam rasa es krim di sini mulai dari cokelat, vanila, stroberi, hingga green tea, peppermint tea dan aneka buah tropis.

Baltic merupakan es krim zaman dulu namun kini telah menjadi kedai yang modern dan mengikuti zaman. Baik soal rasa maupun dekorasi kedainya.

Lokasinya ada di Jalan Kramat Raya nomor 12 di daerah Kwitang.

8. Latteria Gelato

Seperti namanya, di kedai Latteria Gelato dijual hidangan gelato dengan aneka rasa. Kedai ini cukup ramai dan menjadi yang paling dicari wisatawan saat ke Pantai Indah Kapuk atau PIK.

Kedai satu ini lebih kekinian dari kedai lainnya. Anda bisa berfoto ria di aneka spot instagenik mereka selain ngadem makan gelato.

Comment here