Uncategorized

Kuliner Legendaris di Bandung yang Rasanya Tak Pernah Berubah

Kuliner Legendaris di Bandung yang Rasanya Tak Pernah Berubah

Daftar kuliner lawas yang populer di Kota Kembang.

1. Warung Kopi Purnama

Tempat yang berlokasi di Jalan Alkateri ini menyajikan beragam menu. Mulai dari roti, bubur, nasi goreng, hingga teh susu. Salah satu menu yang wajib kamu coba adalah roti selai srikaya.

Selainya homemade dan tidak menggunakan pengawet, makanan ini diproduksi dalam jumlah terbatas. Harga makanan dan minuman di Warung Kopi Purnama dibanderol mulai dari Rp14-40 ribu per porsinya.

2. Toko Roti Sidodadi

Sejak berdiri pada 1954, Toko Sidodadi terus melakukan inovasi pada menu makanannya. Awalnya, tempat ini menjual kue carabikang yang bahan dasarnya menggunakan tepung beras. Setelah itu, baru menjual roti pada 1960-an.

Rotinya dibuat secara tradisional tanpa tambahan bahan pengawet. Semua hanya bertahan 3-4 hari. Roti yang dijual memiliki rasa dan tekstur yang berbeda.

Yang paling laris adalah roti frans cokelat dan roti tawar. Sedangkan untuk kue carabikang dijual dengan varian rasa kelapa, hijau aroma pandan, dan cokelat dengan gula merah.

3.Roti Bakar Gempol

Selain Toko Sidodadi, tempat lain yang juga menjual roti sebagai menu andalannya adalah Roti Gempol. Tempat yang berdiri 1958 ini tidak menggunakan roti putih melainkan roti gandum.

Sebelum dibakar, roti gandum diberi topping dan isian yang berlimpah. Mulai dari daging, telur, keju, hingga cokelat. Paling pas disantap saat hangat.  Tempat ini juga menjual menu lain, seperti yamien manis, yamien asin, dan bakso kuah.

4.Rasa Bakery & Cake

Kuliner di Bandung tak lepas dari pengaruh orang Belanda, terutama menu sarapan. Jadi jangan heran apabila banyak tempat legendaris yang menjual menu ala Western. Salah satunya adalah Rasa Bakery & Cake yang sudah eksis sejak 1910.

Tempat yang awalnya bernama Hazes ini dulu menjadi pemasok makanan untuk Gubernur Jenderal Hindia Belanda. Soes, bitterballen, lasagna, dan es krim adalah beberapa hidangan yang wajib dipesan di tempat ini.

Es krimnya terdiri dari banyak pilihan rasa, seperti vanila, cokelat, dan stroberi. Lalu disajikan di batok kelapa yang dihiasi wafer dan buah.

6.Sumber Hidangan

Braga adalah lokasi di Bandung yang di sepanjang jalannya terdapat banyak tempat lawas, termasuk restoran. Sumber Hidangan adalah salah satunya. Bangunan tempat yang berdiri1929 ini terlihat sangat kuno dan kental dengan suasana tempo dulu.

Jangan harap kamu bisa menemukan colokan listrik atau koneksi WiFi di tempat ini. Beberapa menu andalan yang bisa dipesan antara lain adalah bistik, nasi goreng, dan wiener schnitzel. Ada juga menu roti dan es krim yang bercitarasa khas.

5. Rumah Makan Linggarjati

Rumah Makan Linggarjati terkenal dengan menu mie yamin dan es alpukat. Sejak berdiri pada 1950, kedai yang didominasi warna hijau tosca ini tidak pernah sepi pembeli.

Mie yamin yang disajikan makin terasa mantap dengan berbagai pelengkap, seperti bakso, babat, kikil, dan ayam. Mienya bertekstur kenyal dan gurih. Dijamin nagih!

Setelah puas makan mie yamin, segarkan tenggorokan kamu dengan es alpukat yang dicampur dengan gula jawa asli. Segar maksimal.

Tempat makan legendaris di atas tak hanya menjadi saksi sejarah kuliner di Bandung, tapi juga bisa mendorong sektor pariwisatanya. Meski sudah lama berdiri, semuanya mampu mempertahankan konsistensi rasa.

Tak heran apabila selalu ramai dikunjungi warga lokal dan para wisatawan terutama pada akhir pekan. Sudah pernah mencicipi semuanya, guys?

Comment here