Travel

Tips Aman Solo Traveling Untuk Wanita

Salah satu masalah utama bagi sebagian besar calon solo traveling adalah keselamatan. Apakah dengan pergi seorang diri Anda dapat tetap merasa aman? Bagaimana juga meyakinkan keluarga dan teman bahwa Anda baik-baik saja? Anda memerlukan beberapa metode atau cara untuk tetap aman ketika berniat melakukan solo traveling

Kebanyakan orang takut untuk melakukan solo traveling pertama mereka, terlebih wanita. Anda akan sangat mudah untuk gugup ketika menuju ke sebuah tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Ada banyak faktor yang tidak Anda ketahui tentang tempat tersebut, itulah kenapa Anda bisa merasa gugup ketika melakukan solo traveling. Otak Anda akan berusaha menciptakan scenario terburuk untuk membuat Anda tetap selalu waspada terhadap suatu hal.

1. Perbanyak Riset

Pastikan Anda telah melakukan banyak kegiatan untuk menggali informasti terhadap suatu tempat yang akan Anda kunjungi. semakin banyak data yang Anda dapatkan, maka Anda akan semakin banyak membuat skenario untuk perjalanan Anda. Riset juga membantu mengatasi rasa gugup Anda ketika hendak melakukan solo travelling. Baca peta dengan seksama sebelum Anda akan menuju suatu lokasi.

2. Ikuti Naluri Anda

Intuisi Anda adalah sebuah kerumitan dalam perasaan Anda yang akan memberikan Anda jawaban dengan alasan yang tidak bisa dijelaskan. Bila Anda bertemu dengan seseorang yang membuat ada merasa gemetaran, jauhilah, jika Anda yakin mampu berjalan sendiri tanpa rasa malu, maka berjalanlah seorang diri. Anda juga bisa merasakan melalui intuisi, makanan mana yang cocok dengan kondisi perut dan mood Anda saat itu.

Intuisi merupakan sebuah kemampuan yang bisa Anda asah dan pertajam dari satu solo traveling ke solo traveling lainnya. Akan ada banyak bisikan-bisikan kecil yang membantu Anda untuk menuju ke arah yang benar.

3. Beranikan Untuk Berkata TIDAK

Jangan takut untuk mengecewakan orang lain ketika Anda harus menolak ajakannya. Solo traveling adalah tentang Anda dan perjalanan tersebut. Ada banyak orang jahat yang mengetahui bahwa Anda adalah seorang pelancong yang pergi seorang diri, sehingga akan dengan segera mencoba mendekati Anda dengan berbagai macam cara dan ajakan.

4. Siapkan Dompet Tiruan dan Peluit

Dompet tiruan ini berguna untuk mengecoh pencopet atau perampok yang memang sudah mengincar Anda. Anda bisa mengisi dompet tiruan tersebut dengan kartu nama palsu, kartu kredit yang telah kadaluarsa, beragam nota, tiket bekas atau sejenisnya yang membuat dompet tiruan tersebut memang terlihat seperti dompet asli Anda. Sisipkanlah sedikit uang dengan nominal yang kecil, namun dengan jumlah lembaran yang banyak.

Peluit bisa sangat berguna untuk meminta pertolongan atau mencari perhatian agar semua orang melihat ke arah Anda. Cara ini lebih efektif daripada Anda harus berteriak.

5. Nasehat Dari Warga Lokal

Jika Anda menginap di penginapan, tanyakanlah kepada karyawan di penginapan tersebut. Tempat mana saja yang aman dikujungi, serta tempat mana saja yang sebaiknya jangan dikunjungi. Tanyakan juga apa saja yang sebaiknya dilakukan atau apa yang sebaiknya dihindari. Tidak ada yang lebih tahu daerah tersebut selama bertahun-tahun kecuali warga lokal yang telah lama tinggal di situ.

6. Berpakaian Dengan Tepat

Pastikan Anda memilih pakaian yang sopan dan tidak mencolok, pakailah pakaian yang tidak terlalu mencolok saat Anda pakai berkeliling. Jangan memakai perhiasan juga saat Anda melakukan solo traveling. Intinya adalah bagaimana Anda berbaur dengan kondisi di sekitar Anda.

7. Jangan Berjalan Sendiri Saat Malam Hari

Pada beberapa tempat, masih aman berjalan sendiri saat malam hari. Pada beberapa tempat lain, hal tersebut bisa sangat berbahaya ketika berjalan malam hari. Jika memang akan keluar malam, carilah rombongan atau teman dari penginapan Anda yang telah Anda percayai.

8. Buatlah Salinan Dari Dokumen Penting Anda

Salinlah dokumen penting Anda semisal ktp atau paspor Anda, paling aman adalah Anda foto, lalu Anda unggah ke internet. Cara ini akan mempermudah ketika Anda kehilangan dokumen Anda baik yang asli ataupun yang Salinan.

9. Catat Nomor Penting di Daerah Tersebut

Carilah informasi tentang nomor-nomor penting yang bisa Anda hubungi ketika Anda berada di sebuah lokasi, atau tanyakan saja kepada pengelola penginapan di tempat Anda menginap. Hal ini dimasudkan untuk berjaga-jaga dari kondisi terburuk yang bisa menimpa Anda.

10. Biarkan Teman Anda Mengetahui di Mana Anda

Pastikan bahwa seseorang, entah keluarga, teman atau sahabat Anda mengetahui dimana Anda mengetahui jadwal perjalanan Anda. Lakukanlah rutinitas untuk memberikan kabar sedang dimana dan apa yang sedang Anda lakukan. Hindari mode menghilang pada perjalanan Anda, hal tersebut akan membuat Anda susah untuk dilacak apabila terjadi sesuatu yang menimpa Anda.

Cara ini juga bisa mengurangi rasa khawatir orang-orang yang Anda tinggal selama perjalanan. Jika Anda memang gemar menggunakan media sosial, gunakanlah fitur check in di sebuah lokasi yang baru Anda kunjungi.

***

Solo traveling merupakan hal yang luar biasa untuk dicoba dan dilakukan kembali. Hal ini melatih Anda untuk membuat keputusan sendiri dan menerima resiko sendiri. Dengan solo traveling, Anda akan melatih instuisi Anda secara lebih baik dan lebih tajam dari biasanya. Bahkan terkadang kota lain tidak jauh lebih berbahaya dari kota yang Anda tinggali sekarang.

Tetap berada dalam jalur, berfikir positif, mengikuti tips aman dan hava a nice solo traveling !

Comment here