Otomotif

Honda CBR1000 RR-R Diungkap, Bertabur Fitur Canggih MotoGP

Wujud all-new Honda CBR1000 RR-R akhirnya diungkap. Pembuatan superbike ini terinspirasi dari motor balap Honda RC213V yang berlaga di ajang MotoGP.

Mengutip dari Visordown.com, dengan tagline “Born to Race”, Honda mengklaim sportbike ini siap diajak turun ke sirkuit. Wajar saja, teknologinya nyaris menyerupai tunggangan Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

Di sektor kelistrikan, Honda CBR1000 RR-R dibekali dengan IMU 6 Axis yang canggih. Selain itu, terpasang juga sistem launch control yang mempermudah dan menyempurnakan akselerasi saat start.

Quickshifter pun telah menjadi fitur standar, begitu juga dengan sistem pengereman ABS, riding mode, rear lift control, traction control, dan wheelie control.

Desain Agresif

Secara fisik, Honda CBR1000 RR-R tampak dibekali built-in winglet layaknya Honda RC213V. LED headlight sportbike ini pun tampak agresif dengan desain yang meruncing.

Garis-garis bodinya pun tampak tegas, dari tengah hingga ke belakang. Selain itu, Honda CBR1000 RR-R dibangun di atas sasis perimeter dan swing-arm baru yang lebih panjang.

Masuk ke sektor kaki-kaki, sportbike yang akrab disapa Honda Fireblade ini dijejali suspensi semiaktif keluaran Ohlins. Di depan terpasang suspensi upside-down NPX S-EC dan belakang monoscho TTX-36 S-EC.

Mesinnya pun benar-benar baru. Meski masih 4-silinder inline DOHC 999,9 cc, tenaganya tembus 214 hp dengan torsi 113 Nm. Performa ini merupakan yang tertinggi di kelasnya.

Harga Belum Diumumkan

Dapur pacu ini dipadu dengan knalpot khusus dari Akrapovic. Untuk menahan lajunya, terpasang dual-disc brake di depan dan belakang single-disc brake. Ketiganya merupakan produk dari Brembo.

Hanya saja Honda masih belum mengumumkan harga Honda CBR1000 RR-R ini. Kemungkinan, banderolnya akan diumumkan pada akhir 2019 mendatang sebelum dijual mulai awal 2020.

Comment here