Travel

Gurun Pasir Telaga Biru Bintan, Lokasi Bekas Tambang yang Kini Jadi Destinasi Wisata Kekinian!

Nggak mesti ke Timur Tengah untuk bisa menikmati pemandangan padang pasir. Mengunjungi salah satu spot hits di Bintan saja, kamu bisa menyaksikan pemandangan ala Timur Tengah yakni padang pasir lengkap dengan telaga-telaga  biru yang mirip oase. Sejauh mata memandang hanya ada hamparan pasir. Apalagi terik matahari yang cukup menyengat, membuat pengalaman seperti benar-benar di jazirah Arab.

Terletak di Dusun Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Gurun Pasir Telaga Biru menjadi spot hits Bintan untuk pengunjung yang ingin berfoto – foto Hamparan pasir yang memiliki warna putih, merah muda hingga sedikit ungu nan memesona, bersanding birunya air telaga membuat pemandangan kontras nan indah. Pengen tau serunya liburan ke sana? Yuk simak aja ulasannya.

Gurun Pasir Telaga Biru adalah bekas area pertambangan yang kini jadi destinasi kekinian

Jauh sebelum Gurun Pasir Telaga Biru Bintan hits dikalangan masyarakat, tempat ini adalah bekas area pertambangan pasir bauksit yang kini mengeras. Pada pemerintahan Orde Baru tambang tersebut dihentikan dan terbengkalai selama puluhan tahun. Setelah terabaikan selama puluhan tahun, bekas tambang pasir bauksit berubah menjadi karya indah alami. Cekungan-cekungan bekas galian tambang yang nggak direklamasi terisi air hujan, dan kelamaan menjadi telaga air berwarna biru cerah.

Gundukan dan undakan pasir yang eksotis di Gurun Pasir Telaga Bintan, dapat berubah setiap waktu. Hal tersebut karena erosi tumpukan pasir dan gerusan angin. Dari ketinggian, kontur yang terlihat seperti miniatur gurun pasir di Timur Tengah. Kamu bisa mendaki tiap gunungan pasir untuk swafoto dengan latar belakang hamparan pasir berbukit yang eksotis.

Meski belum banyak atraksi wisata, gurun pasir Telaga Bintan layak untuk kamu kunjungi

Selain pemandangan alami yang bagus untuk foto-foto, gurun pasir Telaga Bintan juga dilengkapi beragam properti unik. Kamu bisa memanfaatkan ayunan, hiasan bambu, hingga boneka unta yang bisa memberikan kesan Timur Tengah yang nyata. Selain itu juga tersedia area memanah dengan tarif berkisar Rp 5000 per orang, dan wisata air perahu bebek dan perahu kano di telaga dengan tarif sewa Rp 15.000 – Rp 20.000. Meski belum banyak atraksi wisata di kawasan gurun, lokasi unik ini tetap layak dikunjungi.

Karena cuaca yang relative panas dengan matahari yang menyengat, baiknya kamu datang lengkap dengan kacamata, topi atau payung dan alas kaki yang cukup nyaman. Fasilitas seperti warung juga tersedia di sekitaran Gurun Pasir Telaga Bintan. Kalau kamu lelah setelah menjelajah gurun pasir atau berwisata air, bisa melipir ke warung untuk menikmati es kelapa muda segar.

Akses jalan menuju ke sana relatif mudah dicapai. Untuk tarif berkunjungnya juga murah meriah

Untuk mampir ke Gurun Pasir Telaga Bintan, wisatawan nggak perlu bayar tiket masuk. Cukup dengan membayar tarif parkir kendaraan Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil, kamu sudah bisa menikmati pemandangan indah yang tercipta alami. Wah, cocok banget untuk anak milenial, nih.

Gurun Pasir Telaga Biru Bintan dapat ditempuh dalam waktu 45 menit dari Kota Tanjung Pinang. Posisinya berada di Desa Busung, Kecamatan Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, tidak jauh dari kawasan wisata Lagoi. Kamu bisa menempuh perjalanan darat sekitar 45 menit dari bandara RHF Tanjung Pinang maupun dari pelabuhan Tanjung Pinang. Jika dari pelabuhan Tanjung Uban hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja.

Bagaimana, kamu tertarik untuk menikmati dan merasakan gurun pasir ala Timur Tengah di Bintan? Jangan lupa pelindung kepala dan jaga kebersihan lingkungan ya, kalau berkunjung ke sana.

Comment here