Travel

7 Tempat Wisata di Semarang yang Hits dan Terbaru 2019

7 Tempat Wisata di Semarang yang Hits dan Terbaru 2019

Ya, mungkin Semarang tidak sepopuler kota Yogyakarta, Bandung, atau Surabaya yang terkenal dengan berbagai tempat wisatanya. Bahkan kalau ditanya destinasi apa yang menarik di dalam pulau Jawa, mungkin kota Semarang hanya akan masuk di urutan kesekian di dalam list.

Padahal jika kamu lihat dari hasil penjelajahan para travel blogger, pengalaman yang mereka dapatkan terlihat begitu seru dan menarik. Kota ini terus mengalami perkembangan dan mulai banyak menghadirkan tempat wisata di Semarang yang tak kalah jauh tertinggal dengan kota lainnya.

Kamu suka wisata foto Insta-genic? Semarang kini semakin lengkap akan tempat wisata alam yang ramah untuk keluarga sambil aktivitas termasuk berfoto ria. Atau kamu suka wisata budaya dan sejarah?

Tak perlu diragukan lagi. Selain Lawang Sewu dan Kota Lama Semarang, masih banyak tempat lainnya yang akan kamu temukan di sini. Lalu, suka dengan wisata gunung? Ada Gunung Ungaran yang ramah untuk pendaki pemula, namun menawarkan keindahan luar biasa. Begitu pula dengan wisata kuliner, dijamin kamu nggak akan kecewa dengan aneka makanan khas kota Lumpia ini.

Apa yang kita biasanya dapatkan di kota lainnya, tentu dimiliki pula oleh Semarang. Bahkan menjadi pengalaman baru lagi ketika melihat hal-hal yang seru dengan lokasi yang tak terlalu jauh dengan kita.

Wisata Sejarah dan Budaya

Tak sekedar tempat hiburan dan kuliner, menelusuri sebuah kota tentu tak luput dari serunya melihat langsung sisi sejarah dan budaya yang lekat dari kota tersebut. Tak bisa dipungkiri, sisi ini sungguh eksotis dan penasaran untuk diketahui. Ini dia tempatnya!

1. Lawang Sewu

Jangan dilihat dari sisi kleniknya. Lawang Sewu selalu menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan karena keindahan struktur bangunan jaman dahulu, plus keunikan lawang sewu yang berarti jejeran pintu yang ada di bangunan ini, meskipun jumlahnya tidak benar-benar 1.000 pintu. Kebanyakan orang mengetahui Lawang Sewu sebagai tempat yang memiliki beragam cerita mistis di dalamnya. Maka tak jarang pula pengunjung yang mencoba datang saat malam hari. Kamu berani?

2. Klenteng Sam Po Kong

Masih dengan tempat wisata yang umum dikunjungi wisatawan, Klenteng Sam Po Kong harus ada dalam list itinerary kamu. Cerita yang sarat akan sejarah ini sungguh menarik untuk kamu saksikan, termasuk cerita tentang Laksamana Cheng Ho dari China yang beragama Islam saat sedang singgah ke awal mula lokasi ini. Tak terbayang kan, seorang laksama dari China kemudian beragama Islam? Di sini lah sisi menarik tentang keberagaman budaya dan agama dapat menyatu.

3. Pagoda Avalokitesvara

Pernah lihat pagoda yang sering muncul di film budaya Chinese? Nah selain Klenteng Sam Po Kong, ada satu lagi tempat wisata budaya Chinese yang menarik untuk dikunjungi. Bangunan yang memiliki 7 tingkatan ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Menariknya lagi, di setiap tingkatan tersebut terdapat 4 buah patung Dewi Kwan Im yang menghadap ke 4 penjuru mata angin. Selain mengenal budaya, lokasi ini juga cocok untuk dijadikan spot berfoto ria.

4. Candi Gedong Songo

Satu lagi tempat yang memiliki nilai sejarah dan budaya begitu eksotis di Semarang. Candi Gedong Songo juga menjadi tempat wisata di Semarang yang pas untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman. Mari berkenalan dengan peninggalan candi yang terdiri dari 9 buah candi yang sesuai dengan arti namanya dalam bahasa Jawa (songo=sembilan).

Bukan cuma itu, Candi Gedong Songo terletak di ketinggian 1.200 mdpl yang akan membuat kamu memandangi panorama sangat indah dari atas. Kamu juga dapat mandi air panas ataupun berkuda untuk kegiatan bersama keluarga.

Ragam Hiburan dalam Wisata Keluarga

Semarang memang cocok untuk destinasi liburan bersama keluarga. Banyak sekali hiburan yang ditawarkan dalam bentuk theme park, taman hiburan, dan lain-lain. Untuk kamu yang berlibur bersama keluarga, patut masukkan tempat wisata di Semarang ini dalam list!

5. Ayanaz Gedong Songo

Berada satu area dengan Candi Gedong Songo, kamu akan menemukan pemandangan hamparan luas berisi spot foto cantik dan suasana yang penuh akan keceriaan. Ayanaz Gedong Songo menjadi tempat wisata yang lagi hits di Semarang. Banyak sekali spot foto mulai dari bubble tent, balon udara, tempat duduk sofa di tengah kolam, hingga hammock warna warni. Jangan lupa ajak keluargamu rekreasi di sini!

6. Dusun Semilir

Tempat satu ini merupakan spot terbaru di Semarang yang lagi hype dikunjungi wisatawan dan warga lokal di sana. Dusun Semilir merupakan suatu wadah untuk menghadirkan unsur Nusantara dengan desain interior yang sangat menarik. Tempat ini memiliki arsitektur bangunan seperti stupa candi dari rangkaian besi dan kaca hasil inspirasi Candi Borobudur. Selain itu di area luar juga terdapat hasil rajutan kayu pada bagian atapnya yang semakin memperindah tampilan. Banyak sekali spot foto ciamik di sini!

7. Eling Bening Ambarawa

Nggak kalah hits dengan Dusun Semilir, ada lagi Eling Bening yang hits bagi kalangan pecinta alam dan wisata kuliner. Eling Bening merupakan restoran dengan ukuran yang begitu luas sekaligus menawarkan spot foto yang begitu bervariasi di tiap sudut. Sambil ditemani udara sejuk, jangan lupa foto di spot paling khas, yaitu di atas kapal berbentuk naga dengan background hamparan kehijauan yang luas.

Daya tarik dan nilai wisata kota Semarang semakin tahun memang terlihat semakin meningkat. Hal ini bisa dilihat dari bertambahnya tempat wisata yang semakin bervariasi dan sukses menarik perhatian berbagai kalangan wisatawan. Selain deretan di atas, tentunya masih banyak tempat lainnya yang bisa dieksplor di Semarang. Nah buat kamu yang sudah pernah ke Semarang, sudahkah kamu berkunjung ke tempat wisata di Semarang terbaru ini?

Comments (1)

  1. […] 7 Tempat Wisata di Semarang yang Hits dan Terbaru 2019 November 11, 2019 […]

Comment here