Serba Serbi

5 Fakta Gimbap, Nasi Gulung yang Jadi Menu Bekal Populer di Korea

5 Fakta Gimbap, Nasi Gulung yang Jadi Menu Bekal Populer di Korea

Gimbap atau kimbap adalah jajanan Korea populer yang sehat dan mengenyangkan. Dibuat dari nasi, rumput laut, dan ragam sayuran, ini fakta soal gimbap.

Berkunjung ke restoran Korea akan mudah menemukan gimbap, nasi gulung berlapis nori (lembaran rumput laut) dengan isian ragam protein dan sayuran. Sekilas tampilan  gimbap mirip sushi, namun keduanya berbeda.

Gimbap biasanya dijadikan camilan atau bekal praktis orang Korea. Melahap gulungan nasi ini mudah dan sifatnya mengenyangkan sehingga gimbap begitu digemari di Korea.

Tak hanya isi sayuran saja, gimbap hadir dalam beragam variasi isian sesuai selera.

1. Arti gimbap
Nama gimbap pada sajian ini menggambarkan artinya. ‘Gim’ merujuk pada jenis rumput laut yang bisa dimakan, sedangkan ‘Bap’ adalah nasi matang. Namun kata ‘gimbap’ bukan bagian dari bahasa Korea sampai era modern.

Dulu makanan serupa gimbap disebutnya bokssam. Terdapat di era Joseon sekitar tahun 1392-1897. Barulah nama gimbap muncul tahun 1935 di salah satu artikel koran Korea.

Uniknya, gimbap dulu juga masih sering disebut ‘norimaki’. Berupa kata pinjaman dari bahasa Jepang yang merujuk pada sajian serupa. Kata ini masuk ke dalam bahasa Korea selama masa pendudukan Jepang di sana sekitar tahun 1910-1945. Tapi akhirnya gimbap menjadi kata universal yang dipakai untuk menghapus unsur-unsur kolonialisme Jepang di Korea

2. Sejarah terciptanya gimbap
Konon gim atau lembaran rumput laut yang membungkus gimbap sudah diproduksi di Gyeongsang dan provinsi Jeolla pada abad 15. Kala itu memakan nasi matang dengan balutan gim menjadi bagian budaya Korea sejak dulu

Hal ini dibuktikan dari buku Yeoryang Sesigi pada tahun 1819. Di dalam buku dijelaskan kemunculan bokssam yang merupakan cikal bakal kemunculan gimbap.

Soal gimbap versi modern seperti yang dikenal sekarang, asal-usulnya ada dua. Pertama menyebut gimbap adalah norimaki versi Korea. Sedangkan yang kedua menyebut gimbap asli Korea karena berasal dari tradisi lokal yang menggulung bap (nasi matang) dan banchan (hidangan pendamping) di dalam gim (lembaran rumput laut).

3. Bahan pembuatan gimbap
Gim dan bap atau rumput laut dan nasi matang adalah dua bahan utama pembuatan gimbap. Selain itu, gimbap diisi beragam protein dan sayuran. Khusus untuk vegan, gimbap dibuat dari sayuran saja.

Beberapa sayuran yang umum dipakai pada gimbap adalah danmuji (acar lobak kuning), kimchi, bayam, wortel, mentimun, kkaennip (daun perilla), dan akar burdock.

Untuk membuat gimbap, pertama lembaran rumput laut dipanggang di api rendah. Sedangkan nasi matang dibumbui garam dan minyak wijen. Sayuran dan protein hewani juga dibumbui dan dimasak dengan cara ditumis sebentar.

Setelah itu, semua isian digulung dengan roller bambu bernama gimbal. Biasanya diameter gimbap berukuran 3-4 cm. Gimbap lalu dipotong kecil-kecil agar mudah dilahap dalam sekali gigitan.

4. Jenis gimbap populer
Setidaknya ada 3 jenis gimbap populer di Korea. Pertama ada chungmu-gimbap dari kota Chungmu. Di dalamnya berisi nasi dengan salad cumi-cumi pedas dan kimchi lobak.

Kedua, mayak-gimbap yang menjadi andalan di Gwangjang Market, Seoul. Isian gimbap ini adalah wortel, bayam, dan acar lobak kuning. Gimbap lalu ditaburi wijen dan dilengkapi saus berbahan kecap asin dan mustard.

Ketiga adalah samgak-gimbap yang secara harfiah berarti gimbap segitiga. Biasanya dijual di convenience store dengan isian beragam. Gimbap ini masa kedaluwarsanya hanya 1 hari dengan kandungan kalori 140-200 kkal saja.

5. Restoran dengan menu andalan gimbap
Banyak franchise restoran cepat saji di Korea mengkhususkan diri pada sajian gimbap. Diantaranya Gimbap Cheonguk, Kobongmin Gimbabin, Chungmu Gimbab Matjuk, Teacher Kim, dan Gimbap Nara.

Selain gimbap, restoran juga menawarkan menu lain seperti ramyeon atau mi instan, udon, nangmyeon atau mi dingin, dan sundubu-jjigae. Semuanya enak dipesan untuk dinikmati beramai-ramai.

Kalau di Seoul, Anda bisa mencicip gimbap enak di Seoho Gimbap. Menu andalan mereka adalah tuna gimbap dengan mayo. Ada juga Chosun Kimbap yang terkenal dengan gimbap sayuran. Mereka memakai paduan coneflower yang konon berpadu enak dengan nasi.

Comments (1)

  1. […] 5 Fakta Gimbap, Nasi Gulung yang Jadi Menu Bekal Populer di Korea November 13, 2019 […]

Comment here