Serba Serbi

Kamar Rahasia dalam Setiap Pesawat

Kamar Rahasia dalam Setiap Pesawat

Foro gratuito – Salam sobat semua kali ini akan membahas kamar rahasia dalam setiap pesawat. Menempuh penerbangan panjang belasan jam di pesawat memang paling enak tidur. Kalau ada in-flight entertainment sih enak bisa nonton film sepuasnya. Tapi nggak ada yang ngalahin nikmatnya tidur. Ketika para penumpang tidur saat penerbangan panjang, apa yang kira-kira dilakukan para pramugari, pramugara, dan kru kabin lainnya?

Dalam pesawat yang didesain khusus untuk penerbangan-penerbangan jarak jauh yang memakan waktu belasan bahkan puluhan jam, disediakan kamar rahasia buat kru kabin yang butuh tidur atau sekedar “power nap”. Kita sebagai penumpang tentu nggak akan melihat tempat ini karena seperti namanya, kamar rahasia, ruangan ini tersembunyi dan hanya bisa diakses oleh pramugari dan pramugara dengan kunci khusus.

Kamar rahasia ini jadi tempat re-charge energi buat para kabin kru. Makanya posisi kamarnya pun harus di tempat-tempat yang nggak bisa diakses oleh penumpang, kebanyakan pesawatan Boeing 777 dan 787 misalnya punya tangga khusus yang berujung ke sebuah kamar tidur tanpa jendela untuk kru kabin. Bahkan ada juga pesawat yang menyediakan kamar tidur khusus untuk pilot.

Beda pesawat, beda posisi kamar rahasianya. Tapi biasanya area istirahat untuk kru kabin ini tersembunyi di belakang kokpit dan berada di atas area kelas satu seperti misalnya dalam pesawat Boeing 777 ini. Untuk mengakses ruangan ini disediakan tangga kecil yang tersembunyi di belakang pintu yang tidak bisa dibuka oleh siapapun kecuali kru. Membukanya sendiri butuh kode akses atau kunci.

Kamar Rahasia dalam Setiap Pesawat

Boeing 777 mungkin punya pintu kecil dan tangga menuju ke ruang rahasia tersebut, tapi di pesawat Boeing 773 yang digunakan oleh American Airline, pintu menuju kamar rahasianya tersembunyi dan mirip seperti tempat penyimpanan di atas kepala. Kamu mungkin sedang tertidur pulas waktu pramugari/pramugara membuka pintu ini jadi nggak sadar kalau mereka sebenarnya sedang menuju ke ruangan khusus untuk istirahat kru kabin.

Kamar Rahasia dalam Setiap Pesawat

Walaupun disebut “kamar rahasia” sebenarnya mudah menemukan tempat ini kalau kamu mau membaca. Di banyak bagian pesawat seperti pintu atau tempat penyimpanan yang bisa terbuka, biasanya diberi stiker bertuliskan “For Crew Use Only”. Kalau kamu membaca dengan detail, di situ biasanya dijelaskan peraturan-peraturan yang berlaku untuk kabin kru juga. Kalau kamu menemukan tulisan sepanjang ini di salah satu tempat berarti di belakangnya adalah kamar istirahat rahasia untuk kru kabin.

Kamar Rahasia dalam Setiap Pesawat

Bentuk kamar istirahat kru kabin di dalam pesawat ini bermacam-macam. Biasanya hanya bisa diisi oleh tujuh hingga sepuluh kasur tergantung pesawatnya. Masing-masing kasur hanya boleh ditiduri oleh satu orang (dan ini peraturan yang ketat–katanya sih–supaya nggak ada kejadian nganu di dalam pesawat).

Beberapa pesawat juga menyediakan fasilitas khusus di dalam kamar ini seperti misalnya ruang penyimpanan barang pribadi buat masing-masing kru kabin. Untuk pilot bahkan disediakan kompartemen khusus buat mereka tidur dan ada di atas ruang kokpit. Seperti di dalam Boeing 777 ini, ruang khusus untuk pilot punya dua kasur termasuk tempat duduk yang sama dengan kelas bisnis, dengan fasilitas kamar seperti lemari, wastafel, dan kamar mandi.

Kasur yang ada di dalam kamar rahasia ini ada yang didesain nyaman untuk tidur dengan panjang sekitar 180 cm dan lebar 75 cm. Masing-masing kasur juga dibatasi dengan gorden yang cukup berat yang kedap suara. Eits, peraturannya tetep kok, satu kasur untuk satu orang. Kasur ini dilengkapi juga dengan lampu untuk membaca, gantungan, cermin, selimut, bantal, dan beberapa maskapai juga menyediakan piyama.

Kasur dan ruangan istirahat yang berbeda tampak disediakan oleh Boeing 787 Dreamliner yang digunakan maskapai Air Canada. Tempatnya jauh lebih terbuka dengan tempat tidur yang lebih flat. Di pesawat lain seperti American Airlines yang menggunakan Boeing 773 tampak seperti kamar di dalam kapal pesiar. Tempat tidurnya ada di sisi lorong dan atap lorongnya sangat rendah jadi memasukinya pun harus menunduk.

Nah inilah kamar rahasia dalam setiap pesawat, sudah tidak penasaran lagi kan semua.

Baca juga : 5 Fakta Gimbap, Nasi Gulung yang Jadi Menu Bekal Populer di Korea

Comment here