Serba Serbi

Dari Legendaris hingga Kekinian, Ini 5 Sate Ayam Endes yang Wajib Dicoba di Yogyakarta!

Dari Legendaris hingga Kekinian, Ini 5 Sate Ayam Endes yang Wajib Dicoba di Yogyakarta!

Indonesia dikenal dengan ragam kulinernya. Tak jarang, kuliner Indonesia menjadi idola bagi warga asing. Salah satunya, sate ayam. Pengolahan sate ayam pun beragam, umumnya dibakar dengan kecap atau disiram dengan bumbu kacang dan lainnya. Masakan sate ayam pun tak jarang diburu wisatawan ketika berkunjung ke salah satu daerah di Indonesia. Tidak kalah dengan daerah lain, Yogyakarta juga menawarkan kuliner sate ayam yang enak. Dari yang berdiri dari tahun 1972 atau yang baru hits saat ini, simak rekomendasi sate ayam enak di Yogyakarta!

1. Sate Ayam Pak Kromo

Terletak di Jalan Mayor Suryotomo No.3, Ngupasan, Gondomanan. Sate Ayam Pak Kromo ini termasuk salah satu sate ayam legendaris. Bagaimana tidak, Sate Ayam Pak Kromo sudah berdiri sejak 1972! Terkenal karena bumbu kacangnya yang gurih dan khas, Sate Ayam Pak Kromo selalu ramai pengunjung. Bumbu kacang dan kecap yang manis merasuk pada daging ayam merupakan bumbu warisan sejak dahulu. Dibanderol satu porsi Rp.20.000, Sate Ayam Pak Kromo siap melayani pelanggan dari pukul 09.00 hingga 21.00.

2. Sate Ayam Podomoro

Salah satu warung sate ayam yang selalu laris jam berapapun, Sate Ayam Podomoro ini terletak di Jalan Mataram Nomor 11, Suryamatjan, Danurejan. Melayani dari pukul 10.00 hingga 20.00, warung Sate Ayam Podomoro ini tidak pernah sepi pelanggan. Berjualan sejak 1975, Sate Ayam Podomoro menggunakan daging ayam kampung. Tekstur daging ayamnya tetap empuk dan tidak keras. Tidak hanya daging ayam, pelanggan bisa memilih daging, jeroan, kulit, atau hati ayam. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp.18.000 saja untuk satu porsinya.

3. Sate Ayam Samirono

Warung Sate Samirono terkenal dengan sate kambingnya, namun sate ayam yang disajikan di sini juga tak kalah enaknya. Lokasinya cukup strategis, di depan GOR UNY, Jalan Colombo 105/38, Caturtunggal, Depok. Sate ayam yang disajikan di sini menggunakan bumbu kecap dan kacang dengan rasa yang manis.

Berjualan sejak tahun 1977, Warung Sate Samirono ini tetap laris hingga saat ini. Sate Ayam yang dipesan pun bisa dipilih porsinya, 5 tusuk, 10 tusuk atau lebih. Dibanderol mulai dari harga Rp.15.000, pengunjung dapat menikmati Sate Ayam Samirono yang buka 24 jam!

4. Sate Ayam Tukangan

Berbeda dengan warung sate ayam lainnya, Sate Ayam Tukangan ini merupakan penjual sate yang sederhana. Sudah dikenal sejak lama, dan orang-orang menyebutnya Sate Tukangan karena berada di Jalan Tukangan. Sate ayam yang dijajakan benar-benar lezat, tidak dimasak terlalu matang sehingga daging ayamnya terasa juicy. Bumbu kacangnya tidak terlalu manis, cenderung gurih menambah cita rasa daging ayamnya. Berjualan dari pukul 16.30 hingga 18.30, dengan harga sekitar 20.000, Sate Ayam Tukangan ini wajib dicoba! Dari daging ayam, kulit, hati hingga uritan sama enaknya!

5. Sate Taichan Senayan

Merambah ke sate ayam hits, Sate Taichan ini merupakan kuliner yang sempat heboh di Jakarta, hingga Yogyakarta pun ikut merasakannya. Terletak di jalan Kolonel Sugiyono No.19C, Brontokusuman, Mergangsan, Sate Taichan Senayan buka pukul 17.00 hingga 24.00. Menyajikan sate ayam tanpa bumbu kecap maupun bumbu kacang, menarik pelanggan untuk mencobanya.

Dibakar dengan garam dan bumbu lainnya, membuat rasa ayam yang lezat. Sate ayam disajikan dengan sambal yang pedas, cocok dimakan dengan nasi panas. Dengan harga Rp.25.000,pelanggan sudah mendapatkan 1 porsi sate Taichan yang enak.

6. Sate Ratu

Sempat heboh di media sosial, Sate Ratu yang lebih dikenal di wisatawan asing ini meraih peringkat 1 Restoran di Trip Advisor. Tidak menggunakan bumbu kacang, Sate Ratu menjual Sate Ayam Merah dengan bumbu merah rahasia yang manis dan pedas. Daging ayamnya cenderung besar-besar dan bumbunya merasuk hingga ke dalam.

Berlokasi di Jogja Paradise, Jalan Magelang Km. 5, pelanggan bisa menikmati 1 porsi, 6 tusuk sate ayam merah dengan harga 25.000. Tidak lupa, sate kulit ayam yang dimasak dengan bumbu merah juga menjadi favorit pelanggan di sini. Berjualan dari pukul 11.00 hingga 21.00, Sate Ratu wajib menjadi destinasi kulinermu ketika berkunjung ke Yogyakarta!

Nah, itu di rekomendasi sate ayam enak di Yogyakarta. Rasanya ingin dicoba semua ya? Atau sudah ada yang menjadi favorit? Share yuk!

Comments (1)

  1. […] Dari Legendaris hingga Kekinian, Ini 5 Sate Ayam Endes yang Wajib Dicoba di Yogy… November 15, 2019 […]

Comment here