Travel

Tips Tidur Nyaman untuk Penerbangan Jarak Jauh

Penerbangan jarak jauh tanpa transit akan memakan waktu lama. Biasanya penumpang akan menghabiskan waktu dengan tidur jika tak ada fasilitas hiburan atau kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama perjalanan.

Hanya saja, tidur dengan tempo lama dan dalam posisi duduk, khususnya penumpang pesawat kelas ekonomi, akan membuat tubuh terasa pegal sampai kaku. Mengutip Huffington Post, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar dapat tidur lebih nyaman selama penerbangan jarak jauh.

1. Kurangi konsumsi gula dan alkohol
Makanan dan minuman yang mengandung gula dan alkohol akan memicu rasa haus dan diuretik atau ingin buang air kecil. Jika ingin tidur pulas, tentu rasa haus dan kebelet pipis akan membuatmu tak nyaman.

Anggapan minuman beralkohol akan membuat seseorang bisa tidur lebih pulas, kenyataannya kondisi itu hanya akan bertahan setelah tiga atau empat jam. Setelah itu, orang tersebut akan terbangun dari tidur dengan disertai sakit kepala, haus, dan sulit untuk kembali tidur.

2. Busana yang nyaman
Perhatikan busana selama dalam perjalanan. Pilihan pakaian yang menyerap keringat, tidak terlalu ketat, dan alas kaki yang nyaman. Gunakan selimut atau jaket untuk menghalau dingin selama perjalanan.

Travel blogger Kay Dougherty menyarankan untuk memakai sepatu jenis slip on yang longgar. Sepatu yang longgar akan memberikan ruang tambahan untuk kaki yang membengkak akibat terlalu lama duduk di dalam pesawat.

3. Peregangan sebelum tidur
Sebelum tidur, lakukan beberapa langkah peregangan otot wajah dan tubuh. Untuk wajah, kendurkan semua otot, di antaranya lidah, rahang, dan sekitar mata. Kemudian jatuhkan bahu dan biarkan anggota tubuh lainnya rileks seolah mati rasa. Kemudian atur napas selambat mungkin hingga perlahan tertidur.

Comments (1)

  1. […] Baca juga : Tips Tidur Nyaman untuk Penerbangan Jarak Jauh […]

Comment here