Serba Serbi

Nggak Cuma Gudeg, 6 Bakmi Jawa di Jogja Ini Juga Harus Kamu Coba. Lezatnya Nggak Kira-Kira!

Nggak Cuma Gudeg, 6 Bakmi Jawa di Jogja Ini Juga Harus Kamu Coba. Lezatnya Nggak Kira-Kira!

Bagi sebagian orang, khususnya masyarakat luar Jogja, pasti berpikir bahwa kota ini hanya memiliki satu hal yang terkenal dan ikonik yaitu Gudeg. Padahal, Jogja punya banyak sekali konstruksi penyusun yang membuat siapapun enggan beranjak jika sudah singgah dan meletakkan kakinya. Tentunya bukan karena UMR-nya yang begitu murah lo ya.

Adalah bakmi godog atau yang kerap disebut dengan mi Jawa, salah satu kuliner terkenal di Jogja yang menjadi favorit bagi banyak orang, entah itu penduduk asli maupun pendatang. Meski pesona dan namanya tak setenar Gudeg, namun kuliner satu ini tak kalah enak lo. Nah, bagi kalian yang penasaran dan ingin merasakan cita rasanya, simak deh ulasan tentang rekomendasi di bawah ini.

1. Menikmati mi Jawa Mbah Gito dengan suasana khas nuansa tradisional Jawa

Terletak di Jl. Nyi Ageng Nis 9, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, warung bakmi Jawa milik Mbah Gito ini menjadi salah satu warung mi Jawa yang paling legendaris di Jogja. Meskipun letaknya sedikit blusukan, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat lokal hingga para turis. Selain rasanya yang begitu lezat, daya tarik lainnya terletak pada bangunan warungnya yang memiliki nuansa begitu jadul.

Warung bakmi Jawa milik Mbah Gito ini buka setiap hari pukul 11.00 hingga 23.00, jarang banget lo ada warung bakmi Jawa yang buka di siang hari. Harganya pun hanya dibanderol dari 20 ribu rupiah hingga 25 ribu rupiah saja.

2. Tak kalah dari Mbah Gito, warung bakmi Jawa milik Mbah Mo ini juga melegenda lo rasanya

Letak warung bakmi milik Mbah Mo ini memang sedikit jauh dari pusat perkotaan, yaitu berada di Jalan Parangtritis Km 11, Dusun Code, Trienggo, Bantul. Namun, warungnya yang telah berdiri sejak tahun 1986 ini juga memiliki kharisma dan sejarah yang nggak kalah terkenal juga lo. Tentunya sih yang utama adalah karena rasanya yang begitu melegenda.

Di tengah banyaknya penjual bakmi Jawa, Mbah Mo ini adalah salah satu yang mempertahankan keaslian rasanya hingga bertahun-tahun lamanya. Jika kalian ingin mampir, warung ini buka dari pukul 17.00 hingga 23.00. Harganya nggak perlu kawatir, cuma 20 ribuan per porsinya kok!

3. Berikutnya, ada bakmi Jawa milik Pak Pele, khas dengan suwiran daging ayam kampungnya yang ‘sekut’ banget!

Jika kalian menanyakan kepada masyarakat Jogja perihal rekomendasi bakmi Jawa yang enak dan legendaris. Dapat dipastikan jika mereka akan menyebutkan nama Pak Pele sebagai salah satunya. Warung bakmi Jawa miliknya ini terletak di kawasan Alun-Alun utara Jogja. Jika kalian mengitari kawasan tersebut, pasti mudah menemukan kok karena letaknya yang ada di pinggir jalan.

Nah, bakmi buatan Pak Pele ini terkenal karena telah berdiri selama beberapa dekade. Nggak hanya itu, suwiran ayam kampungnya dijamin bikin lidahmu nggak bisa berhenti. Harganya hanya 20 ribuan untuk seporsinya. Disarankan bagi kalian yang ingin mencobanya agar tidak datang terlalu malam jika tak ingin kehabisan.

4. Segitu aja? Tidak dong tentunya, masih ada warung bakmi Jawa Kadin Mbah Hj. Karto

Jika melewati kawasan Jl. Bintaran Kulon, maka kamu akan mudah menemukan bakmi Jawa Kadin ini. Nama Kadin sendiri sebenarnya adalah singkatan dari pendirinya yaitu Karto Kasidin. Nggak main-main, warung bakmi Jawa miliknya ini telah berdiri sejak tahun 1947. Lama banget nggak tuh!?

Uniknya, cara memasak bakmi di tempat ini dilakukan satu per satu — sehingga kalian mungkin harus menunggu lumayan lama jika mendapat antrian belakang. Namun, jangan khawatir, kalian akan terbayar dengan rasanya yang begitu terkenal. Untuk harganya, bakmi Jawa Kadin dibanderol 20 ribuan saja. Jam operasionalnya dimulai dari sore hari hingga tengah malam.

5. Saatnya meluncur ke kawasan utara Jogja, ada bakmi Jawa Jombor yang yang menjadi favorit para pengendara antar kota antar provinsi

Di kawasan utara ada juga lo warung bakmi Jawa yang nggak kalah terkenal. Ya, bakmi Jombor yang terletak di bawah jembatan layang Jombor ini menjadi favorit banyak orang, terlebih para pengendara antar kota antar provinsi. Seperti yang kita ketahui bahwa Jl. Magelang adalah jalan terbesar yang ada di Jogja.

Cita rasa bakmi Jombor ini terkenal dengan gurih dan kaldunya yang sangat lezat. Buka mulai dari pukul 18.00 hingga tengah malam, satu porsi bakmi Jombor bisa kalian dapatkan dengan harga 20 ribuan.

6. Kembali ke daerah selatan, kali ini kalian bisa mengunungi bakmi Jawa Mbah Noto

Jika bosan dengan suasana perkotaan, mungkin kalian bisa berkelana ke daerah selatan Jogja. Terletak di tepi Jalan Jogja-Wonosari, Logandeng, Playen, Gunungkidul, warung sederhana ini tak pernah sepi pengunjung. Hal tersebut tentunya karena ketenaran dan rasa bakminya yang memang benar-benar keterlaluan.

Campuran mi kuning dan bihun menjadi salah satu menu favorit dan andalan di warung ini. Dan, yang lebih spesial lagi, cara memasaknya di sini juga dilakukan terpisah dan dilayani satu demi satu. Sehingga, rasanya tak akan tercampur dengan yang lainnya. Karena antrinya yang cukup lama, kalian disarankan untuk mengunjunginya ketika sore atau sebelum tengah malam. Untuk harganya, bakmi Jawa Mbah Noto ini tergolong lebih murah karena dimulai dari 12 ribu saja untuk satu porsinya.

Nah, tunggu apa lagi kan? Sekarang mending bergegas untuk segera mencobanya daripada semakin penasaran dan menyesal kan~

Comments (1)

  1. […] Nggak Cuma Gudeg, 6 Bakmi Jawa di Jogja Ini Juga Harus Kamu Coba. Lezatnya Nggak… November 27, 2019 […]

Comment here