Serba Serbi

Enak dan Murah, Ini 7 Jajanan Pasar yang Tak Lekang oleh Waktu

Enak dan Murah, Ini 7 Jajanan Pasar yang Tak Lekang oleh Waktu

Berbicara tentang olahan makanan pasti nggak akan ada habis-habisnya. Dari yang tradisional, modern, kuliner lokal hingga mancanegara mempunyai varian yang begitu beragam. Bahkan di Indonesia sendiri mempunyai berbagai macam olahan makanan yang beraneka ragam.

Dari dahulu kecil kamu pasti sudah pernah mengenal makanan yang sering kamu jumpai ketika ikut ibumu di pasar, yaitu jajanan pasar. Dari putu ayu, kue cucur hingga lemper. Uniknya, makanan-makanan tersebut masih ada dan tak lekang oleh waktu setelah bertahun-tahun. Tak lekang oleh waktu, inilah olahan jajanan pasar yang ada dari dulu.

1. Kue cucur

Rasanya yang manis, membuat kue cucur disukai oleh beberapa orang. Kalangan tua dan muda pun dapat masuk untuk panganan satu ini. Dibuat dengan cara digoreng inilah yang mungkin membuatmu sedikit PR untuk mengelapnya dengan tisu.

2. Putu ayu

Putu ayu merupakan makanan khas Jawa Tengah. Warnanya yang cantik hijau dengan paduan kelapa membuatnya memikat hari orang-orang yang melihatnya. Walaupun nggak semua berwarna hijau, tetapi kue ini sudah menjadi ikon jajanan pasar.

3. Kelepon

Hijau, bulat, bertabur parutan kelapa dan terasa manis saat digigit merupakan ciri yang menggambarkan kelepon pada umumnya. Ukurannya yang mini membuat siapa saja yang memakanannya akan menambah lagi dan lagi. Yang istimewa yaitu gula merah yang ada di dalamnya.

4. Nagasari

Walaupun namanya nagasari, nggak ada unsur naga-naganya ya, Bela. Olahan makanan ini terbuat dari tepung beras, sagu, santan dan gula. Nggak hanya itu, terdapat irisan pisang yang ada di dalam olahan makanan ini. Cara membuatnya dengan cara dikukus, adonan dimasukkan ke daun pisang. Oleh karena itu, nggak salah jika aromanya pun harum.

5. Onde-onde

Nggak hanya di pasar, onde-onde juga sekarang ada di hotel-hotel berbintang. Bentuknya yang bulat, ditaburi dengan biji wijen membuatnya mempunyai aroma yang kuat. Walaupun isiannya bisa beragam, yang paling favorit adalah kacang hijau dan kacang merah.

6. Kue lapis

Siapa sangka, beberapa lapisan yang biasanya mempunyai dua warna atau bisa juga warna warni mempunyai daya pikatnya sendiri. Teksturnya yang kenyal dikarenakan paduan antara tepung beras, tepung kanji dan santan. Rasa manis dan asin juga nge-blend terpadu menjadi satu.

7. Donat gula

Donat merupakan makanan yang sudah ada dari beberapa puluh tahun lamanya. Teksturnya yang empuk walaupun digoreng, membuatnya khas dengan gula halus atau meses di atasnya. Walaupun hanya dengan taburan gula halus, siapa sangka donat menjadi primadona jajanan pasar.

Comments (1)

  1. […] Baca juga : Enak dan Murah, Ini 7 Jajanan Pasar yang Tak Lekang oleh Waktu […]

Comment here