Uncategorized

6 Makanan Khas Gorontalo dengan Resep Praktisnya yang Mudah!

6 Makanan Khas Gorontalo dengan Resep Praktisnya yang Mudah!

Siapa yang pernah nyicip makanan khas Gorontalo ini?

Gorontalo adalah sebuah daerah di pulau Sulawesi yang tentu saja memiliki makanan khas yang menjadi kebanggaan warganya. Makanan khas Gorontalo juga sering kali menjadi syarat wajib untuk dicicipi oleh setiap wisatawan yang berkunjung ke sana.

Apa saja makanan khas tempat ini dan apa saja resep membuatnya? Barangkali juga ada dari kita yang berkesempatan ke sana dan ingin mencicipi makanan khas daerah Gorontalo.

Daftar makanan khas Gorontalo

1.Binte Biluhuta

Makanan khas pertama adalah Binte Biluhuta. Jika diartikan, binte sendiri berarti jagung, sedangkan biluhuta berarti siraman. Jadi, Binte Biluhuta adalah panganan jagung yang disiram kuah.

Walaupun bahan utamanya adalah jagung, namun Binte Biluhuta telah menjadi makanan khas daerah Gorontalo yang menjadi menu wajib wisatawan. Resep dan bahan membuatnya pun termasuk mudah didapat.

2.Ilabulo

Makanan khas Gorontalo kedua adalah Ilabulo. Secara tampilan, Ilabulo terlihat seperti pepes ayam atau pepes tahu. Namun Ilabulo ini merupakan campuran dari sagu dan ati ampela yang dibalut oleh daun pisang, sama seperti membuat pepes.

Sudah jelas bahwa Ilabulo adalah makanan khas Gorontalo dan resepnya juga khas daerah Gorontalo, yaitu sagu.

3.Ayam Bakar Iloni

Makanan olahan ayam sudah umum ditemui di setiap daerah di Indonesia. Walaupun sama menggunakan ayam sebagai bahan utama, namun cita rasa yang dihasilkan pasti selalu berbeda. Termasuk ayam bakar iloni khas Gorontalo satu ini.

Walaupun sama-sama dibakar sebagaimana ayam bakar lainnya, letak perbedaannya ada di cara pengolahannya.

4.Tili Aya

Makanan khas Gorontalo selanjutnya adalah Tili Aya. Tili Aya sudah mulai jarang ditemui di Gorontalo sendiri, namun jika kita berkesempatan hadir di acara syukuran atau buka puasa di Gorontalo, kita akan menemukan Tili Aya di sana.

6.Sate Tuna

Olahan laut menjadi salah satu andalan daftar makanan khas Gorontalo, karena letak Gorontalo sendiri yang dekat dengan daerah laut. Ikan tuna sudah pasti menjadi panganan dasar yang tersedia melimpah di Gorontalo.

Daftar makanan khas yang ada di Gorontalo di atas sudah cukup membuat kita penasaran. Mumpung waktu liburan sudah dekat, tidak ada salahnya mencantumkan lokasi ini sebagai destinasi wisata liburan kita agar bisa mencicipi makanan khas dari Gorontalo di atas.

Comment here