Otomotif

AC Mobil Tidak Dingin? Ikuti Cara Ini ya

AC mobil tidak dingin? Ikuti cara ini ya

Foro gratuito – Salam sobat semua, disaat AC mobil tidak dingin? Ikuti cara ini ya. AC mobil merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan dalam berkendara, terlebih pada saat terik sinar matahari yang sangat menyengat.

Namun apa jadinya jika AC mobil yang sangat dibutuhkan tiba-tiba mengalami sesuatu permasalahan? Apabila Anda merasakan hal yang tidak wajar pada kinerja AC Anda, maka segeralah lakukan pengecekan. Biasanya proses pengecekan ditujukan kepada kondisi kompresor AC.

Adapun gejala-gejala ringan yang menandakan kompresor AC bermasalah adalah:

1. Bunyi
Ketika Anda memindahkan posisi AC ‘1-2-3’, kemudian terdengar suara yang tidak biasa seperti gesekan. Maka sudah dipastikan kompresor AC Anda bermasalah. Penyebab suara kasar atau ngorok tersebut biasanya diakibatkan karena oli kompresor yang kurang atau habis, piston aus, bearing longgar, hingga as kurang presisi.

2. Kompresi Menurun
Apabila kondisi mesin sedang berada di rpm rendah dan embusan udara AC terasa kurang dingin, maka besar kemungkinan kompresor AC Anda bermasalah. Cobalah berikan tekanan gas pada mobil Anda, apabila mobil Anda melaju dalam kecepatan tertentu dan embusan AC mulai dingin, maka benar kompresor AC harus segara diperbaiki.

3. Bocor
Semakin besar kebocorannya, maka akan semain cepat pula freon habis dan tentu udara akan sangat terasa tidak dingin di dalam kabin mobil. Biasanya kebocoran pada kompresor memerlukan waktu tertentu, yakni sekitar satu hingga enam minggu, sampai freon benar-benar habis.

4. Magnetic clutch
Biasanya ini terjadi ketika dalam kondisi macet, ditandai dengan udara kabin yang semula dingin kemudian tiba-tiba tidak sama sekali. Kemudian setelah AC dimatikan tombolnya, lalu dihidupkan kembali, tiba-tiba Aca akan bekerja normal kembali, maka tanda ini sudah dipastikan kompresor AC bermaslah. Ini biasanya diiringi dengan RPM mesin tinggi yang bisa mencapat 1.000 rpm keatas.

Lantas bagaimana cara pemeliharaan AC yang baik agar bisa menimbulkan kondisi yang nyaman?

Jika anda sudah merasa AC mobil tak terasa dingin, maka segeralah untuk membawa mobil pada bengkel khusus yang menangani pemasalahan AC mobil. Hal ini harus segera dilakukan agar tidak muncul permasalahan baru.

Jika Anda kebengkel karena AC bermasalah, dan disarankan untuk isi freon maka anda harus berhati-hati, bisa jadi bengkel tersebut hanya spesialis bengkel isi freon saja. Berhati-hatilah dengan bengkel demikian, karena biasanya bengkel tersebut tidak bisa menyimpulkan penyebab dari permasalahan AC dan hanya bisa menyarankan untuk menambah freon saja.

Kalau bisa biasakan untuk tidak memakai parfum ruangan, karena bau menyengatnya hanya berputar-putar saja diruang penumpang. Ini akan menggangu sistem sirkulasi udara pada AC.

Nah inilah bila AC mobil tidak dingin? Ikuti cara ini ya yang sudah kami sebutkan diatas ya.

Baca juga : Kawasaki Ninja 250 Update Harga, Dijual Mulai Rp 39 Jutaan

Comment here