Inspirasi

5 Produk Teknologi Inspiratif Ciptaan Orang Indonesia

5 Produk Teknologi Inspiratif Ciptaan Orang Indonesia

Foro gratuito – Salam sobat semua, kali ini 5 produk teknologi inspiratif ciptaan orang Indonesia, dimana teknologi berikut. Inspirasi produk anak negeri berikut ini adalah inspiring banget, karena anak negeri juga mampu loh bersaing produk dengan produksi luar negeri.

Bahkan produk karya anak bangsa ini bersaing dengan produk tekhnologi asing, seperti sepeda motor, alat rumah tangga dan lain sebagainya. Penasaran dengan karya produknya seperti apa?

1. Sepeda motor listrik

Mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS) menciptakan sebuah sepeda motor yang bertenaga listrik. Diberi nama Gesits, sepeda motor ini menggunakan baterai berukuran 5kWH sebagai motor penggerak.

Untuk sekali pengisian penuh, baterai tersebut mampu digunakan untuk perjalanan sejauh 80 bahkan 100 kilometer. Ketika baterai habis, hanya butuh waktu 4 jam saja untuk pengisian ulang sampai penuh kembali.

Sungguh sebuah inovasi yang sangat menginspirasi bagi orang banyak untuk tidak takut berkarya dan juga bersaing dengan pabrikan ternama dari luar.

5 Produk Teknologi Inspiratif Ciptaan Orang Indonesia
Lampu dari Bakteri

2. Lampu Tak Pernah Padam

Mahasiswa Universitas Brawijaya berhasil menciptakan sebuah lampu dengan kekuatan abadi. Rekayasa biotik Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan di sana, memanfaatkan bakteri khusus yang bisa memancarkan cahaya.

Kadar bakteri yang semakin banyak memungkinkan cahaya yang berpendar semakin terang. Keuntungan lampu bertenaga bakteri ini sangat banyak. Yang paling utama adalah penghematan energi listrik. Lalu, apakah bakteri tersebut tidak akan mati?

Ya, sejumlah bakteri pasti akan mati. Tetapi, mereka akan melahirkan induk baru, sehingga bisa dikatakan lampu tersebut tak akan padam. Bisa memadukan ilmu kelautan dan ilmu fisika dalam satu wadah, sehingga lahirlah sebuah penemuan baru diabad yang ke-20 ini. Memang kreativitas dari anak bangsa.

3. Tong Sampah Pintar

Gede Herry Arum Wijaya, seorang mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya, memiliki kegundahan terkait tata kelola sampah di Indonesia. Hal itu membuatnya menciptakan sebuah tong sampah berteknologi khusus, yang ia namakan Smart Trash Can.

Tong sampah itu memiliki teknologi sensor yang bisa mengelompokkan jenis sampah, sehingga mulut tong akan terbuka sesuai klasifikasi sampah. Misalnya sampah rumah tangga, metal, sampah plastik, bahkan sampah kaca, dengan adanya alat teknologi pintar tersebut maka sampah akan terkelola dengan benar.

4. Alat Pemantau Kehamilan

Terobosan di dunia kesehatan ini adalah teknologi karya anak bangsa yang prospektif. Sebab, TeleCTG adalah pengembangan dari mesin CTG konvensional. Dengan TeleCTG, bidan dapat memantau kesahatan ibu dan janin, bahkan di lokasi terpencil sekalipun.

Perangkat TeleCTG berukuran mini, sehingga mudah dibawa. Untuk penggunaan, tinggal hubungkan perangkat TeleCTG dengan smartphone. Kegiatan pemeriksaan kandungan pun menjadi lebih mudah.

Nah oleh karena adanya alat yang diciptakan oleh anak bangsa tersebut, tingkat kesehatan bayi yang ada dalam kandungan pun bisa dikontrol. Jadi bagi ibu-ibu yang jauh dari rumah sakit pun bisa melakukan pengecekan didaerahnya masing-masing. Syukurlah ga bikin panik lagi.

Ini adalah salah satu karya yang mulia dari kreativitas anak bangsa, selain manfaatnya besar alat tersebut juga menaikkan persentase keselamatan dalam melahirkan. Sebuah inspirasi baru nih dalam dunia medis, dan mudah-mudahan dengan terciptanya alat TeleCTG ini, akan lahir alat-alat inovasi yang baru kedepannya.

5 Produk Teknologi Inspiratif Ciptaan Orang Indonesia
Rompi Kanker

5. Rompi Terapi Kanker

Penyakit kanker adalah salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Nah, seorang Warsito Taruno menciptakan sebuah rompi yang bisa digunakan untuk terapi kanker. Oleh karena efektivitasnya yang kurang meyakinkan, Kemenkes Indonesia tidak memberi izin untuk studi lanjutan rompi tersebut.

Sang pemilik ide kemudian berupaya mencari cara untuk melanjutkan riset, ke Jepang. Pemerintah Negeri Sakura justru memberikan bantuan untuk riset mendalam terhadap rompi tersebut. Hasil tes di Jepang pun menunjukkan bahwa rompi buatan Warsito lebih ampuh untuk memunahkan sel kanker.

Namun sayang seribu sayang, meski alat tersebut idenya dari anak negeri tapi itu alat haru lahir di Jepang, karena Pemerintah kita enggan mendukung alat yang sangat hebat tersebut. Alat tersebut berhasil tercipta setelah yang punya ide rela ke negeri orang buat mewujudkannya, karena Warsito percaya akan alatnya bisa berguna bagi penderita penyakit kanker.

Terimakasih atas perjuangan tanpa lelahnya agan Warsito Taruno, karena usahamu yang tanpa batas melahirkan karya yang luar biasa bermanfaat. Sangat menginspirasi emang ide sekaligus perjuangannya untuk mewujudkan karyanya bagi umat manusia.

Nah inilah 5 produk teknologi inspiratif ciptaan orang Indonesia, kedepannya akan tercipta teknologi dan produk yang lebih maju lagi. Salam Indonesia.

Comment here