Serba Serbi

8 Rekomendasi Makanan Khas Jambi yang Tersohor Sejak Lama

8 Rekomendasi Makanan Khas Jambi yang Tersohor Sejak Lama

Makanan khas Jambi yang menggugah selera
Saat mengunjungi sebuah tempat baru, ada kebiasaan tak resmi yang mengharuskan kamu mencicipi makanan khas daerah tersebut. Paling tidak, kamu bawa sebagai oleh-oleh untuk kerabat dekat. Sudah jadi kebiasaan umum jika tidak membawa rasanya ada yang kurang.

Jambi, sebuah kota di Pulau Sumatra ini punya banyak ragam makanan eksotik yang hanya bisa didapati di banyak titik. Bagi yang berasal dari Jambi, sudah pernah tinggal atau sekedar mampir, makanan khas Jambi pasti bikin kangen.

Makanan khas daerah Jambi yang enak tiada tara
Bagi yang hendak mampir atau berwisata dalam waktu dekat ke Jambi, catat beberapa referensi makanan khas Jambi berikut. Siapa tahu bisa kamu cicipi. Tak ada yang tahu ‘kan jika ternyata santapan daerah ini pas dengan selera lidahmu.

1. Tempoyak

Tempoyak adalah makanan khas daerah Jambi yang terbuat dari durian yang difermentasi. Biasanya, durian dimasak menjadi makanan ringan atau dessert karena rasanya manis. Namun, tempoyak di Jambi dimakan sebagai lauk untuk disantap bersama nasi.

Tidak hanya durian fermentasi, tempoyak bisa pula dilengkapi dengan ikan segar. Rasa dan aroma tempoyak sangat spesial. Tetapi, bagi yang tak begitu suka dengan durian harus hati-hati dengan aromanya.

Tempoyak sudah seperti makanan sehari-hari di sana. Tiap rumah selalu punya tempat khusus untuk menyimpan tempoyak dan memasaknya di kala ingin.

2.Otak-otak ikan

Kamu mungkin sudah sering menemukan pedangang otak-otak ikan di pasar. Bahkan di beberapa wilayah otak-otak ikan punya ciri khas tersendiri. Ada yang dikemas dalam bentuk ikan utuh seperti di Gresik. 

Makanan enak ini pun bisa kamu temukan di Jambi. Otak-otak ikan dibungkus dengan daun pisang dalam kemasan kecil-kecil kemudian dibakar. Rasa dari bungkus daun pisang dan asap dari pembakaran membuat rasa otak-otak khas Jambi ini tak terkira sedapnya. Cocol dengan sausnya biar makin mantap.

3.Kue padamaran

Belum habis daftar makanan khas daerah Jambi yang direkomendasikan. Kamu bisa mencicipi satu kue bernama padamaran yang tak kalah menarik dari segi penampilan.

Ia terbuat dari tepung beras yang dicetak dalam duan pisang. Kemudian baru dikukus dan disiram kuah manis. Diberi daun pandan di bagian atasnya untuk menambah rasa gurih dan aroma harum. Beberapa juga mencampurkan daun suji agar warna kuenya hijau alami dan lebih menarik. https://keepo.me/travel/makanan-khas-jambi/ Editor :Dwi Ayu Silawati

4.Kue srikaya

Selain lauk pauk, ada pula makanan ringan khas Jambi yang wajib dicoba. Kue srikaya namanya. Seperti biasa, kue srikaya bukanlah kue yang berisikan selai buah srikaya, melainkan selai rasa pandan yang legit dan wangi.

5.Gandus https://keepo.me/travel/makanan-khas-jambi/ Editor :Dwi Ayu Silawati

Warnanya pun hijau pupus dan lembut. Pas banget untuk oleh-oleh. Dibawa perjalanan jauh pun bisa, sebab ia tahan seharian, kok.

5.Gandus has

Makanan ringan khas Jambi lainnya adalah gandus. Kue tradisional ini bercitarasa asin gurih karena terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, sedikit garam, bawang, dan cabai.

Biar makin nikmat, gandus biasa disajikan bersama beberapa topping tambahan seperti ebi, bawang goreng, potongan cabai besar, dan daun bawang. Kamu bisa menemukannya dijual di pinggir jalan.

Murah, sederhana, dan rasanya nikmat. Bisa pula jadi pengganjal lapar saat kamu sedang bertualang di Kota Jambi.

6.Mi celor

Sama seperti gandus, mi celor bisa kamu temui di jalanan sebagai salah satu makanan khas Jambi yang merakyat dengan harga terjangkau. Pada dasarnya, makanan ini berbahan dasar mi dengan kuah kental yang bersantan.

Rasanya mungkin akan jadi perpaduan soto betawi dengan mi ayam yang berkuah creamy. Dilengkapi dengan telur rebus dan bawang goreng yang bikin hidangan makin nikmat apalagi kalau disantap saat masih panas.

8. Dodol kentang

Makanan ringan khas Jambi berikutnya adalah dodol kentang. Seperti dodol pada umumnya, rasanya manis, legit, dan kenyal. Bedanya hanya pada bahan dasarnya. Jika biasanya berupa buah seperti apel, kali ini bahan dasarnya kentang.

Selain dodol kentang, makanan khas Jambi juga dikenal lewat dodol nanasnya. Rasanya tentu punya ciri khas tersendiri. Hidangan ini biasa ditemukan di pusat oleh-oleh dan selalu jadi pilihan favorit para wisatawan yang hendak memberikan oleh-oleh ke kerabat.

Ragam makanan khas Jambi di atas bisa dijadikan referensi saat nanti berlibur atau akan menggelar acara di sana. Banyak pilihan makanan yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Silakan pilih yang menurutmu paling menarik hati dan cocok di lidah.

Melihat ragam kuliner nusantara tadi, rasanya makin merasa kecil ya. Ternyata banyak hal yang belum kita ketahui dari wilayah dalam negeri sendiri.

Comment here