Otomotif

Tips Pemakaian Ban Motor Saat Hujan Agar Aman

Tips Pemakaian Ban Motor Saat Hujan Agar Aman

Foro gratuito – Salam sobar semua, musim hujan sudah datang, ini tips pemakaian ban motor saat hujan agar aman dalam berkendara. Memasuki musim hujan ini ada banyak yang perlu diperhatikan khususnya pengendara motor. Hal utama yang kita tekankan disini adalah soal keselamatan berkendara.

Keselamatan berkendara itu bisa dari mana saja, termasuk penggunaan safety gear, kondisi motor seperti kondisi ban motor. Sudah banyak kasus kecelakaan yang terjadi akibat pengendara lalai memperhatikan kondisi ban…dan akibat yang paling fatal adalah bisa tergelincir. Berikut kita berikan tips berkendara yang aman ketika musim hujan.

1. Pertama kalau bisa hindari basahan ketika baru hujan turun. Biasanya jika baru beberapa menit pertama hujan turun, kondisi seperti ini yang paling dibilang sangat licin. Tumpahan oli, minyak rem, atau bensin yang ada di permukaan jalan akan bercampur dengan air hujan yang menyebabkan dapat mengurangi traksi pada ban motor. Baru ketika hujan sudah mulai deras dan genangan air di jalanan sudah mengalir maka boleh dibilang jauh lebih aman dari sebelumnya.

2. Hindari permukaan jalan yang terbuat dari besi, biasanya bisa ditemukan seperti tutup gorong-gorong, dan marka jalan yang memiliki permukaan halus. Dua bagian tersebut kalau terkena air sifatnya makin bertambah licin, apalagi besi tutup gorong-gorong.

3. Setelah pakai motor kondisi hujan-hujan sebaiknya permukaan ban langsung dibersihkan untuk menghilangkan kadar minyak dari oli, minyak rem, dan tumpahan bensin dijalan. Selain itu jika akan lumpur disela-sela alur ban juga harus dibersihkan karena dapat menghambat keluarnya jalur buangan air.

4. Saat hujan jangan kurangi tekanan pada ban, pakai aturan tekanan sesuai spec ban. Karena dikhawatirkan permukaan yang kempes akan mengubah alur dari jalur buangan ban yang sudah dirancang dari pabrikan berdasarkan tekanan yang pas.

Tips Pemakaian Ban Motor Saat Hujan Agar Aman

5. Pastikan ban yang dipilih adalah ban memiliki banyak alur. Tipe ban seperti ini akan memudahkan mendapat traksi ketika melewati genangan air di jalanan. Jika nekat pakai ban model slick pasti juga sudah siap konsekuensinya bakal mudah tergelincir, begitu juga dengan ban yang sudah tidak memiliki alur atau sudah aus.

Jadi harap diperhatikan ya, dan jangan ngebut ketika hujan. Menghindari jika motor tiba-tiba mengerem mendadak maka ban tidak dapat memberikan traksi yang baik seperti ketika jalanan kering.

Inilah tips pemakaian ban motor saat hujan agar aman dalam berkendara, tetap utamakan keselamatan berkendara agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan ya.

Baca juga : Pajero Sport Murah di Akhir Tahun, Dipangkas Rp 25 Juta untuk semua unit

Comment here