Travel

5 Tempat Snorkeling di Pulau Sumbawa yang Cocok Buat Penghobi Diving

5 Tempat Snorkeling di Pulau Sumbawa yang Cocok Buat Penghobi Diving

Snorkeling saat ini menjadi salah satu atraksi menarik yang banyak digemari oleh berbagai kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa. Atraksi wisata ini menarik karena menghadirkan pesona ekosistem bawah laut memesona di laut dangkal. Wisatawan dapat melihat secara langsung terumbu karang yang ada dan berinteraksi dengan ikan yang terdapat di laut tersebut.

Buat kalian yang tinggal di Sumbawa ataupun yang akan berwisata di pulau yang terletak di NTB tersebut, maka gak boleh nih melewatkan beberapa spot snorkelingnya berikut ini. 

1. Pulau Moyo

Pulau Moyo menjadi destinasi wisata populer di Pulau Sumbawa yang masuk dalam administrasi Kabupaten Sumbawa. Pulau seluas 349 km persegi ini memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menarik, baik di pulaunya maupun di lepas pantainya yang eksotis.

Lepas pantai di pulau ini juga menghadirkan pemandangan terumbu karang yang sangat indah disertai air yang jernih dan masih alami. Selain itu terdapat beberapa titik snorkeling di pulau ini, yakni Takat Segele, Ai Manis, dan Tanjung Pasir. 

2. Pulau Satonda

Pulau Satonda merupakan salah satu pulau kecil yang terletak di utara Pulau Sumbawa yang tepatnya masuk dalam administrasi Kabupaten Dompu. Menariknya di tengah pulau ini terdapat danau air asin yang cukup luas yang dijuluki degan Danau Satonda.

Di sisi lain, perairan di sekitar pulau ini juga sangat indah dengan airnya yang jernih dengan ekosistem air yang masih alami. 

3. Gili Paserang

Tak kalah menarik dibanding lainnya, Gili Paserang juga menghadirkan wisata bawah air yang mengagumkan dengan air laut jernihnya. Selain itu terdapat berbagai macam biota air yang dapat dilihat apabila kalian melakukan snorkeling di sini.

Pulau ini juga tidak jauh dari Pelabuhan penyeberangan Pototano untuk menuju ke Pulau Lombok yang masuk dalam Kabupaten Sumbawa Barat. 

4. Gili Bedil

Kemudian ada Gili Bedil yang merupakan pulau di Kabupaten Sumbawa, yang tepatnya masuk dalam Desa Labuan Bajo, Kecamatan Utan. Pulau kecil ini juga tak kalah menariknya dengan spot snorkeling lainnya, di mana memiliki terumbu karang yang masih terawat dan adanya berbagai macam ikan-ikan laut yang cantik.

Selain itu terdapat perahu cepat yang dapat disewa untuk menuju ke pulau ini yang mana hanya membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit menuju ke pulau ini. 

5. Nisa Pudu

Terakhir terdapat Nisa Pudu yang letaknya berada di Teluk Saleh, Pulau Sumbawa, di mana masuk dalam administrasi Kabupaten Dompu. Pulau kecil ini juga menghadirkan pesona bawah air yang tak kalah menarik dibandingkan lainnya, dengan ombak yang cukup tenang dan air jernih disertai terumbu karang yang alami.

Tak hanya itu saja, pulau ini juga memiliki pemandangan padang sabana yang memesona dan gak rugi untuk dikunjungi. 

Nah, itu tadi beberapa tempat snorkeling terbaik di Pulau Sumbawa yang harus dikunjungi. Kira-kira mana yang paling indah menurut kalian?

Comment here