Serba Serbi

Manfaat Ampas Kopi bagi Tumbuhan

Manfaat Ampas Kopi bagi Tumbuhan

Foro gratuito – Suka minum kopi? Pasti suka donk, berikut manfaat ampas kopi bagi tumbuhan. Apalagi kopi sekarang menjadi ajang gaya hidup. Rasanya kalau tidak mengopi itu ketinggalan zaman deh, apalagi tak merasakan nongkrong di kedai kopi kekinian yang saat ini tumbuh bak jamur di musim hujan.

Nah, bagi penyuka kopi yang suka menyeduh sendiri kopinya atau pemilik kedai kopinya sendiri, ingat ada hal penting yang perlu kalian ketahui. Pastinya, ampas kopi yang kalian dapatkan dari hasil menyeduh kopi itu selalu ada setiap saat, please jangan dibuang ya!

Tanaman di sekitarmu sangat membutuhkannya agar subur dan berbagai manfaat lainnya yang diperoleh dari ampas kopi tersebut. Dalam kandungan ampas kopi mempunyai beberapa zat yang berguna untuk unsur hara tanah, di antaranya fosfor, potasium, magnesium, dan tembaga.

Apa saja sih manfaat kopi untuk tanaman tersebut? Penasaran bukan? Yuk, simak penjelasan berikut, pastinya akan terbuka wawasan hobi minum kopimu yang akan bermanfaat untuk kelangsungan tumbuhan.

1. Sebagai pupuk organik

Ampas kopi sisihkan jika sudah diseduh. Lalu, taburkan ke sekeliling tanaman yang ada di rumahmu. Efeknya ini dahsyat karena ampas kopi adalah sebagai pupuk organik yang mengandung nitrogen untuk membantu proses komposter dalam tanah. Sangat bermanfaat, bukan? Jadi, jangan dibuang ya, ampas kopinya!

2. Menjadikan warna bunga lebih cerah

Mengejutkan! Ternyata, dalam ampas kopi mengandung pH netral yang dibutuhkan oleh tanaman. pH netral itu membantu nutrisi dalam tanah yang akan mengalirkan unsur haranya ke dalam tumbuhan. Jika kamu taburkan ampas kopi ini kepada tanaman bunga, maka bunga yang tumbuh akan mekar secara sempurna dengan warna yang cerah. Begitu juga dengan warna daunnya akan lebih pekat sesuai warna daun bawaannya.

3. Pengusir hama

Ampas kopi yang ditaburkan di sekeliling tanaman akan membantu mengusir hama yang akan mengganggu tanaman kamu, lho. Bau yang ditimbulkan dari kopi ini akan mengusir hama-hama, seperti tikus, belalang, ulat, becikot, dan siput. Wah, manfaat ampas kopinya keren juga, bukan?

4. Menyumbang nutrisi unsur hara tanah

Oleh karena dalam kopi mengandung zat-zat yang baik untuk kesuburan tanah, maka ampas kopi sangat baik untuk mengatur unsur hara tanah dan menjadi pabrik nutrisi yang disalurkan ke dalam tumbuhan. Zat-zat itu, di antaranya fosfor, potasium, magnesium, dan tembaga.

5. Merangsang tumbuhnya buah

Selain dapat memberikan kesuburan terhadap bunga dan daun, ampas kopi jika dijadikan sebagai pupuk juga akan merangsang tumbuhnya buah. Asyik, bukan jika di halamanmu ada tanaman buah yang buahnya tinggal kamu petik? Dan pemupukannya pun sangat gampang karena memanfaatkan ampas kopi yang selalu kamu sisihkan setiap harinya.

Selain kita meminum kopi sebagai penunjang gaya hidup, juga menyumbang suburnya tanaman yang ada di sekitar kita. Jangan tunggu esok lagi, mulai sekarang selalu sisihkan ampas kopi dan suburkan tanamanmu dengan hati bahagia.

Inilah manfaat ampas kopi bagi tumbuhan, kalau bukan kita yang menyuburkan tanah dan melestarikan tumbuhannya, siapa lagi? Ayo bantu sebarkan info ini kepada teman-teman kalian!

Baca juga : Rokok Elektrik Bukan Alternatif Berhenti Merokok!

Comment here