Otomotif

Rossi Tukar Posisi dengan Quartararo Mulai 2021

Rossi Tukar Posisi dengan Quartararo Mulai 2021

Fabio Quartararo resmi menjadi bagian dari tim pabrikan Yamaha MotoGP untuk musim 2021 dan 2022. Valentino Rossi sendiri akan bertukar posisi menjadi tim satelit Yamaha.

Rossi akan mengakhiri statusnya membalap untuk tim pabrikan Yamaha setelah 15 tahun berkarir. Musim 2020 ini akan jadi musim terakhir sebagai pebalap tim pabrikan.

Meski demikian, Rossi belum memutuskan untuk pensiun. Yamaha dan Rossi memiliki kesepakatan. Jika Rossi tidak pensiun, maka dia akan beralih ke tim satelit Yamaha.

Tapi, jika Rossi memutuskan untuk melanjutkan karir balapnya, maka Yamaha akan mendukungnya secara penuh. Dukungan ini tidak akan ada bedanya, sama seperti pebalap tim pabrikan.

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, mengatakan, Yamaha memiliki rasa hormat yang tinggi untuk Rossi dan sangat percaya dengan kemampuan Rossi di musim 2020. Tapi, di saat yang bersamaan Yamaha juga sudah memikirkan langkah untuk masa depan.

“Akan menjadi aneh memulai musim 2021 tanpa ada Rossi di tim pabrikan. Tapi, Yamaha akan selalu ada untuk Rossi. Kami akan menyediakan YZR-M1 dengan spesifikasi pabrikan dan dukungan teknisi secara penuh,” ujar Lin Jarvis, dalam keterangan resminya.

Sementara Rossi, mengatakan, bahwa Yamaha sudah menanyakan mengenai masa depan Rossi sejak awal tahun ini. Namun, jawabannya selalu sama, pebalap yang dijuluki The Doctor ini tidak mau terburu-buru dan masih butuh waktu.

“Tujuan utama saya adalah menjadi kompetitif tahun ini dan melanjutkan karir sebagai pebalap MotoGP di 2021. Sebelum melakukannya, saya butuh waktu di mana hanya trek dan beberapa balapan pertama yang bisa menjawabnya,” kata Rossi.

Rossi sendiri mengaku senang dengan dukungan Yamaha dan juga kontrak dari tim pabrikan, jikalau dia memutuskan untuk tidak pensiun.

Setelah mengumumkan perpanjangan kontrak Tim pabrikan Yamaha MotoGP dengan Maverick Vinales, giliran pebalap rookie terbaik 2019, Fabio Quartararo. Pebalap Perancis tersebut langsung menandatangani kontrak dua tahun, sekaligus menjadi rekan baru Vinales dalam satu tim.

Prestasi Quartararo yang gemilang sepanjang musim 2019, membuat Yamaha mengambil keputusan pasti.

“Fabio baru berumur 20 tahun, tapi dia sudah menunjukkan kedewasaan yang luar biasa, baik di atas motor atau tidak. Kami sangat senang dia bergabung bersama kami untuk 2021,” ujar Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, dalam keterangan resminya.

Tahun lalu, pebalap tim satelit Yamaha ini mampu mengoleksi tujuh podium, lima kali posisi kedua dan dua kali posisi ketiga. Di akhir musim, dia bahkan bertengger di peringkat kelima klasemen MotoGP 2019.

Quartararo sendiri berjanji akan bekerja keras seperti tahun lalu dan sangat termotivasi untuk meraih performa terbaiknya.

“Saya ingin berterima kasih pada YMC dan Petronas Yamaha Sepang Racing Team, yang sudah memberikan kesempatan untuk masuk kelas MotoGP di 2019. Saya akan memberikan semuanya untuk bisa membuat mereka bangga lagi tahun ini,” kata Quartararo.

Comment here