Otomotif

Ini Alasan Kawasaki Gak Ikut MotoGP

Ini Alasan Kawasaki Gak Ikut MotoGP

Foro gratuito – Ini alasan Kawasaki gak ikut MotoGP. Diantara pabrikan Jepang lainnya, Kawasaki merupakan pabrikan yang masih absen mengikuti ajang balap MotoGP…padahal secara histori, geng ijo ini sering memproduksi motor-motor super bahkan namanya sudah dikenal banyak bikers diluar sana.

Sebenarnya Kawasaki dulu sempat pernah ikut MotoGP, musim terakhir ia tercatat pada tahun 2008 dan terakhir menurunkan motor di kejuaraan pada 2009 lewat Hayate Team bersama Marco Melandri.

Sudah terhitung selama 11 tahun sudah absen mengikuti ajang balap bergengsi ini, bahkan sampai sekarang pihaknya masih belum ada kabar untuk kembali ke dunia balap bersama dengan rival-rival pabrikan lainnya.

Hal ini dilayangkan oleh Kawasaki Racing Team Director yang juga insinyur senior Kawasaki, Ichiro Yoda. “Beberapa orang bilang begitu. Tapi MotoGP bukanlah cara yang tepat bagi kami,” tutur Yoda.

Menurutnya mengikuti ajang MotoGP itu sangat rumit dan banyak terkait soal regulasi, Kawasaki lebih baik memilih jalan lain dengan mengikuti ajang WSBK.
“Anda harus memikirkan apa yang dibutuhkan MotoGP, ke mana arah teknologi menuju, dan apa yang memotivasi Anda. Usai mempertimbangkan semua, MotoGP bukan pilihan,” ujarnya.

Ini Alasan Kawasaki Gak Ikut MotoGP

Inilah Alasanya

Selain itu pabrikan motor ini juga terbuka soal masalah dirinya absen di MotoGP karena salah satu factor yakni soal finansial. Mengikuti ajang balap itu banyak menghabiskan uang, sebab ketika ikut mereka harus dituntut untuk meriset kembali motor baru yang tentu tidak membutuhkan dana sedikit.

Mereka tidak ingin turun ke ajang balap hanya finish sebagai penggembira saja, sekali turun target mereka tentu sangat besar. “MotoGP terlalu mahal untuk Kawasaki. Ini adalah keputusan dari bagian finansial kami. MotoGP butuh dana setidaknya 10 kali lipat dibanding World SBK. Untuk MotoGP, Anda butuh 60-70 juta euro per tahun, sementara Honda saja menghabiskan 100 juta euro,” ujar Ichiro Yoda.

Untuk WSBK mereka hanya menggunakan basis motor yang sudah ada, tinggal sedikit penyesuaian dan turun ke lintasan.

“Sebagai tambahan, kami tak bisa meyakinkan manajemen tertinggi Kawasaki jika kami hanya bisa finis kelima di MotoGP. Anda pasti menginginkan kemenangan, tak peduli di kategori apa. Itulah alasan World SBK jauh lebih masuk akal bagi Kawasaki, jika dilihat dari segi finansial,” tutup Yoda.

Nah sudah tahu kan sekarang? Ini alasan Kawasaki gak ikut MotoGP, karena ada niat atau tidaknya maka semua memungkinkan untuk terjadi.

Baca juga : Yamaha Beri Motor Spek Pabrikan ke Quartararo?

Comment here