Otomotif

Bocor, Alex Rins Sebut Suzuki Bakal Pakai Holeshot Tiru Ducati

Bocor, Alex Rins Sebut Suzuki Bakal Pakai Holeshot Tiru Ducati

Setelah Ducati, Aprilia dan Yamaha yang terpergok menggunakan holeshot device di tes pramusim Sepang Malaysia, Suzuki Ecstar juga bakal memakai perangkat serupa di GSX-RR 2020.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Alex Rins. Namun pebalap berambut keriting itu mengatakan holeshot punya Suzuki masih tahap pengembangan, dan kemungkinan baru siap di tes Qatar atau saat seri pertama dimulai.

“Suzuki sedang mengerjakan ini, jika tidak pada tes Qatar saya pikir (itu akan siap) saat seri pertama digelar di Qatar. Mereka sedang mengembangkannya,” kata Rins, Selasa (11/2/2020).

Rins mengatakan tak mengejutkan jika banyak tim akhirnya menggunakan holeshot. Sebab pada akhirnya teknologi sekecil apapun yang dapat membuat motor jadi lebih kencang pasti membuat perbedaan.

“Sudah sejak tahun lalu saya lihat bagian belakang motor Ducati turun ketika di trek lurus. Jadi mari kita lihat, bahwa kita juga perlu berinovasi,” katanya.

Holeshot adalah sebuah perangkat yang membantu meraih start baik. Perangkat ini sebetulnya bukan teknologi yang benar-benar baru di sepeda motor, tapi pertama kali dipakai di MotoGP oleh Ducati.

Cara kerja holeshot yaitu dengan menekan suspensi belakang hingga titik maksimal. Kompresi tersebut membuat bagian belakang motor jadi lebih rendah, dan kemudian mengunci.

Dengan posisi tersebut gravitasi jadi lebih rendah, sehingga saat start diharapkan dapat mengurangi gejala ban depan terangkat, yang mana merupakan salah satu yang membuat start jadi buruk.

Comment here