Serba Serbi

Ini Minuman yang Bisa Menghangatkan Tubuh

Ini Minuman yang Bisa Menghangatkan Tubuh

Foro gratuito – Musim hujan yang sedang terjadi ini bisa membuat kita sakit, Ini minuman yang bisa menghangatkan tubuh anda. Oleh karena itu, jangan lupa mengonsumsi minuman tradisional yang menghangatkan dan menyehatkan, sehingga tubuh tetap bugar.

1. Bir pletok

Minuman seperti bir pletok bisa menambah hangat tubuh di tengah cuaca yang dingin. Bir pletok khas Betawi ini memiliki rasa yang manis, pedas dan hangat. Bahan-bahannya seperti jahe, biji pala, lada, kapulaga, sereh, kayu manis dan lain-lain.

Minuman ini memiliki rasa jahe yang pedas, ditambah dengan sedikit lada membuat tenggorokan semakin hangat. Selain itu, aroma bir pletok sangat harum, aroma sereh yang wangi sangat tercium kuat. Bir pletok dapat ditambahkan daun pandan agar aromanya lebih wangi. Selain disajikan hangat, bir pletok juga nikmat disajikan dengan es batu.

2. Wedang jahe

Wdang jahe terbilag minuman yang mudah dibuat. Bbermodalkan air panas, jahe dan gula, kamu sudah bisa menikmati wedang jahe di rumah. Caranya buatnya tidak terlalu sulit. Pertama-tama jahe dicuci hingga bersih, lalu digeprek dan setelah itu dimasukan ke dalam air yang mendidih.

Selanjutnya, tambahkan gula sesuai selera. Gula yang digunakan bisa menggunakan gula pasir atau gula merah. Wedang jahe salah satu minuman sederhana yang ampuh menghangatkan tubuh. Jika diminum, rasa hangat akan terasa sampai ke dada.

3. Wedang akar alang-alang

Minuman akar alang-alang masih jarang dikenal masyarakat. Padahal, wedang alang-alang memiliki khasiat menjaga stamina serta mencegah penyakit flu. Cara untuk membuat wedang akar alang-alang mudah dan bahan yang diperlukan juga tidak sulit ditemukan.

Bahan yang perlu disiapkan yakni akar alang-alang, air dan gula secukupnya. Jika ingin merasakan manis yang legit, maka bisa menggunakan gula merah. Langkah pertama untuk menyajikan wedang akar alang-alang adalah cuci bersih akar alang-alang.

Setelah itu didihkan air, kemudian masukkan akar alang-alang, rebus dengan api kecil sekitar satu jam. Lalu tambahkan gula, jika butuh manis. Terakhir, saring dan sajikan panas-panas.

4. Bandrek

Minuman yang berasal dari tanah Sunda, Jawa Barat ini dapat menghangatkan tubuh. Bandrek cocok dihidangkan sebagai sajian ditengah cuaca dingin, di malam hari dan saat hujan.

Bandrek terdiri dari berbagai bahan, seperti jahe merah, gula merah, sirih, kayu manis, cengkeh, sereh yang telah digeprek, lalu ada daun pandan dan lainnya. Kamu juga bisa menambahkan daging kelapa dan susu kental manis sebagai varias minuman bandrek.

Untuk membuat minuman ini, pertama-tama kamu mendidihkan air. Lalu masukkan jahe, gula jawa, kayu manis, cengkeh, sereh dan daun pandan. Selanjutnya, aduk hingga mendidih, lalu angkat dan saring. Setelah itu, kamu bisa tambahkan daging kelapa dan susu kental manis.

5. Wedang ronde

Wedang ronde terdiri dari wedang jahe yang diberi isian ronde. Ronde adala kue berbentuk bulat terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diberi remahan kacang tanah dan gula pasir.

Ronde memiliki tekstur dan rasa seperti mochi. Wedang satu ini sebenarnya makanan khas dari China. Wedang ronde memiliki rasa manis, pedas dari jahe, dan gurih dari kacang.

Kuah jahe memiliki rasa yang pedas manis dan bisa menghangatkan tubuh. Tekstur ronde yang cukup padat bisa menambah stamina tubuh. Selain itu biasanya wedang ronde juga diberikan kacang tanah goreng diatas wedang jahe yang menambah tekstur crunchy.

6. Wedang Kacang

Di tengah musim hujan, kamu juga harus mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi. Hal ini bertujuan agar menjaga stamina, sehingga tidak mudah sakit atau lelah.

Wedang kacang salah satunya. Minuman khas Magelang ini terdiri kacang tanah yang sudah dimasak hingga lembut, ketan putih, dan kuah santan manis.

Aroma pandan dan santan sangat kuat saat wedang tanah disajikan. Kacang tanah sebagai bahan yang ditonjolkan dalam minuman ini memiliki rasa yang gurih. Selain itu berpadu dengan rasa yang manis dari santan dan gula. Tekstur ketan putih yang empuk berbaur dengan pas.

7. STMJ

STMJ, atau susu telur madu dan jahe adalah minuman yang sering ditemui di pinggir jalan, warung hingga restoran. Minuman ini sudah dikenal oleh masyarakat luas dan sangat mudah dibuat jika sedang berada di rumah.

Seperti namanya, minuman ini berasal dari susu, madu, telur dan jahe. Minuman yang sangat populer di tanah Jawa ini memiliki cita rasa manis dari madu, creamy dari telur dan susu , lalu pedas dari jahe.

Cara membuat minuman ini mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan susu panas dengan terlur, madu dan jahe. Untuk jahenya kamu bisa merebus terlebih dahulu dengan air mendidih hingga sarinya keluar.

8. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau juga makanan yang cocok untuk diminum di tengah musim hujan. Kacang hijau memiliki kandungan protein yang tinggi dan bisa menambah stamina tubuh. Bubur kacang hijau memiliki rasa yang manis dari santan yang dicampur dengan gula dan daun pandan. Rasa gurih dari kacang hijau juga berpadu dengan pas saat disantap.

9. Wedang uwuh

Wedang uwuh memiliki arti sebagai sampah. Hal ini tak lepas dari dedaunan yang banyak terdapat dalam sajian secangkir wedang uwuh, sehingga tampilannya seperti sampah.

Wedang uwuh memiliki warna merah yang cukup terang. Minuman yang dapat menghangatkan tubuh ini memiliki cita rasa manis, pedas dengan aroma rempah yang kuat. Wedang uwuh terdiri dari berbagai bahan seperti, jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, sereh, daun jeruk, gula batu dan masih banyak lagi.

10. Sekoteng

Sekoteng merupakan minuman khas Jawa Tengah yang terdiri dari jahe, santan, gula, kacang hijau, bubur mutiara, potongan roti tawar, dan kacang tanah.

Minuman ini memiliki rasa yang sangat beragam. Mulai dari gurih santan dan manisnya gula berpadu di dalamnya. Lalu juga ada gurih dari kacang tanah. Saat menikmati sekoteng, kamu bisa menemukan banyak tekstur di dalamnya.

Nah ini minuman yang bisa menghangatkan tubuh anda saat musim hujan datang ya.

Baca juga : Tips Mudah Melawan Rasa Malas

Comment here